Nasional

Kemenag - ADKASI Jajaki Kerja Sama Vokasi Pesantren

Menag usai audiensi bersama pengurus ADKASI

Menag usai audiensi bersama pengurus ADKASI

Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini menerima kunjungan audiensi ketua dan jajaran anggota Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI).

Pertemuan berlangsung di Kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng Barat No 3-4 Jakarta. Ikut mendampingi Menag Staf Ahli, Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri Agama.

Dalam pertemuan yang berlangsung penuh keakraban tersebut Ketua Umum ADKASI Lukman Said dan anggota didampingi salah seorang Ketua Dewan Pakar ADKASI Rieke Diah Pitaloka.

Mengawali pertemuan, Rieke Diah Pitaloka mengatakan selain silaturahmi dengan Gus Menteri pangilan Menag Yaqut Cholil Qoumas audiensi ini bertujuan untuk menjajaki kerja sama dan sinergi Kementerian Agama dengan ADKASI terkait pendidikan keagamaan (pesantren, madrasah dan guru agama) dan sektor keagamaan lainnya.

"Kami juga mendorong pemerintah daerah untuk memberikan vokasi terhadap keberadaan pesantren. Nah kehadiran kami sekaligus untuk mengajak Kemenag untuk bekerjasama dalam mendorong peningkatan pesantren dengan menggandeng berbagai stakeholders. Kami menaruh perhatian lebih terhadap pendidikan keagamaan di bawah Kementerian Agama," kata Diah Pitaloka, Rabu (12/01/2022).

"Apa yang bisa di MoU kan dengan Kementerian Agama nanti akan kita bahas lebih lanjut. Dengan vokasi ini tentunya pesantren dapat menjalin kerja sama dengan BUMN dan lembaga lainnya," sambung Rieke.

Sementara itu, Ketua Umum Ketua Umum ADKASI Lukman Said, dalam kesempatan itu mengundang Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk hadir dan memberi arahan dalam Rakernas ADKASI yang rencananya digelar Februari 2022 di Bali.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyambut baik kerja sama yang tengah dijajaki ADKASI terkait vokasi pesantren termasuk menghadiri Rakernas ADKASI.

"Kami sangat mendukung dan mengapreiasi ADKASI yang menaruh perhatian terhadap pendidikan keagamaan dan pesantren di bawah Kementerian Agama. Tentunnya pertemuan ini akan kita lanjuti dengan kerja sama. Isnya Allah bila tidak berhalangan dengan agenda lainnya saya akan hadir di Rakernas ADKASI," tandas Menag.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Fadhlillah Hafizhan M

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua