Kembangkan e-Learning Pola Baru, Pusdiklat Teknis: Sesuaikan Kebutuhan Peserta

Bogor (Kemenag) --- Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan (Pusdiklat Teknis) Balitbang Kemenag saat ini tengah mengembangkan e-learning pola baru untuk pelatihan ASN Kemenag. Kepala Pusdiklat Teknis Imam Syafe'i menuturkan hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan serta lifestyle ASN Kemenag. 

"Pusdiklat Teknis harus bisa memberikan layanan yang menyesuaikan (kebutuhan) lifestyle yang dilayani (ASN Kemenag)," ungkap Imam saat menutup kegiatan Pengembangan Kurikulum Pelatihan Kependidikan Berbasis E-Learning Pola Baru, di Bogor, Jumat (4/9/2021). 

Pusdiklat, lanjut Imam, merupakan unit kerja di Kementerian Agama yang diberi amanah untuk mengembangkan SDM, sebagaimana tertuang dalam PMA Nomor 19 Tahun 2020. Pemenuhan kewajiban ini harus dimulai dengan pengembangan kurikulum yang dapat memenuhi kebutuhan pelatihan SDM Kementerian Agama. 

“Dengan kurikulum pelatihan yang bagus, maka akan terwujud pelatihan yang tepat sehingga menghasilkan output pelatihan yang luar biasa”, tandas Imam. 

Oleh karena itu, Imam menyampaikan sumbang pikir dari widyaiswara yang terlibat di kegiatan ini sangat diperlukan untuk mengembangkan kurikulum yang ada menjadi kurikulum pelatihan yang sesuai kebutuhan pelatihan di era sekarang. 

Pengembangan Kurikulum e-Learning Pola Baru berlangsung selama empat hari, mulai 1- 4 September 2021. Kepala Bidang Program dan Pengendalian Mutu Asep Hadiat mengemukakan tujuan kegiatan ini adalah mengembangkan kurikulum pelatihan pola e-learning. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Widyaiswara perwakilan dari Pusdiklat Teknis, BDK Bandung dan BDK Jakarta serta beberapa pakar bidang Pendidikan lainnya. Sedangkan, kurikulum yang dikembangkan adalah kurikulum pelatihan kependidikan meliputi kurikulum pelatihan inovasi madrasah dan beberapa kurikulum TOT spesialisasi Widyaiswara. (Rina)