Nasional

Keberangkatan Kloter 15 Calhaj Babel Lancar

Pangkalpinang, 3/12 (Pinmas) - Keberangkatan para calon jamaah haji (CJH) Kloter 15 asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Embarkasi Palembang berjalan lancar. "Hingga saat ini para jamaah calon haji tidak menghadapi masalah dan semuanya berjalan lancar saja ketika keberangkatan karena petugas sudah mengantisipasi berbagai kemungkinan," kata Kepala Kanwil Departemen Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Drs. H. Syahirman Jumli di Pangkalpinang, kemarin.

Dia mengatakan para jamaah calon haji sebelum berangkat telah mempersiapkan waktu panjang dalam menjaga kemungkinan terjadinya keterlambatan dan situasi lain, sehingga beberapa jam sebelumnya mereka diharuskan sudah berada di Kantor Kanwil Departemen Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang kemudian mengangkut mereka dengan mobil bus ke Bandara Depati Amir Kota Pangkalpinang.

Menurut dia, keberangkatan CJH tentu tidak sama seperti warga mengunakan penerbangan biasa (reguler) karena harus menjalani persiapan berbagai tahap termasuk lebih cepat tiba di bandara terbesar di Indonesia itu. Namun, hari Minggu (2/11) petugas haji memberangkatkan Kloter 15 menuju Palembang yang terbagi atas tiga kali penerbangan, yaitu penerbangan pertama pukul 12.20 WIB dengan jumlah CJH sebanyak 119 orang, penerbangan kedua pukul 14.10 WIB sebanyak 114 orang dan penerbangan ketiga pukul 16.00 WIB dengan jumlah 70 orang menuju Palembang untuk diberangkatkan Senin (3/12) menuju tanah Suci Makkah. Ia juga menjelaskan Kanwil Depag Babel tahun 2007 memberangkatkan 1.003 CJH ke tanah Makkah, dan mereka tergabung dalam empat Kelompok Terbang (kloter) yaitu Kloter 12, Kloter 13, Kloter 14 dan Kloter 15 embarkasi Palembang. (Ant/ts)

Tags:

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua