Kanwil Kemenag DI Yogyakarta: Kini Semua Layanan Bisa di KUA

Yogyakarta (Kemenag) -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DI Yogyakarta secara bertahap terus melakukan perbaikan di berbagai sektor layanan Kantor Urusan Agama (KUA), terutama paska dimulainya revitalisasi yang menjadi program prioritas Kemenag di bawah kepemimpinan Menag Yaqut Cholil Qoumas. 

Kakanwil Kemenag DI Yogyakarta Edhy Gunawan mengatakan program revitalisasi KUA menjadi bagian dari semangat baru Kementerian Agama.

Menurut Edy, paska ditetapkannya KUA Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul sebagai salah satu Pilot Project Revitalisasi KUA di Indonesia oleh Gus Menteri Yaqut Cholil Qoumas, pihaknya terus mendorong KUA lainnya di Provinsi DI Yogyakarta untuk meningkatkan layanan dan SDM. 

"Yogyakarta sudah memiliki KUA yang sudah direvitalisasi. KUA Sewon kini menjadi contoh bagi 77 KUA lainnya di Provinsi DI Yogyakarta," ujar Edhi Gunawan di Yogyakarta, Minggu (20/06/2021).

"Kehadiran KUA Sewon ini disupport oleh seluruh stakeholder atau bidang yang ada di Kanwil dan Kankemenag. Jadi saat ini masyarakat Bantul dalam mencari informasi tidak perlu datang ke Kantor Kemenag. Melainkan cukup datang ke KUA Sewon, semua informasi ada di sini, mulai dari informasi haji, umroh, travel, zakat wakaf dan layanan keagamaan lainnya," sambung Edhi. 

Ia menambahkan, program revitalisasi KUA ini sejalan dengan semangat reformasi birokrasi yang sudah dijalankan oleh Kanwil Kemenag, Kankemenag dan KUA di Provinsi DI Yogyakarta. 

"Dulu KUA hanya melayani dokumen pencatatan dan pernikahan, sekarang semua layanan di Kemenag sudah bisa diakses di KUA, demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Termasuk memberikan informasi dan literasi kepada umat agama lainnya," tandas Edhi. 

Edhi menjelaskan, di Provinsi DI Yogyakarta, terdapat 78 KUA. Dari jumlah tersebut, sebanyak 41 KUA sudah tersentuh skema SBSN dalam peningkatan sarana dan prasarana. 

"Terkait lahan KUA hampir semuanya sudah milik Kementerian Agama dan tidak ada masalah. Kami berharap sarana dan prasarana 37 KUA lainnya dapat ditingkatkan secara bertahap melalui skema SBSN," kata Edhi. 

Program revitalisasi KUA diresmikan Menag Yaqut Cholil Qoumas secara serentak dari Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah pada Sabtu 29 Mei 2021. 

Ada enam KUA yang menjadi model pencanangan revitalisasi ini. Selain KUA Banjarnegara, ada KUA Kecamatan Ciawi Gebang, Kab. Kuningan (Jawa Barat), KUA Kecamatan Sewon, Kab. Bantul, (DI Yogyakarta), KUA Kecamatan Sidoarjo, Kab. Sidoarjo (Jawa Timur), KUA Kecamatan Gunung Sugih, Kab. Lampung Tengah (Lampung), dan KUA Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, (Sulawesi Selatan).