Kamis Besok, Jamaah Haji Mulai Tinggalkan Mekkah

Mekkah 4/1-2007 (Pinmas) - Jemaah haji Indonesia mulai Kamis (4/1) besok meninggalkan Mekkah menuju Jeddah. Untuk kemudian dipulangkan ke Tanah Air pada 5 Januari 2006 melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. Menurut Kepala Daerah Kerja Mekkah, Ahda Barori, pada tahap pertama, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) memberangkatkan 18 kloter ke Jeddah.

Mereka tergabung dalam kloter 1,2,3 dan 4 JKS (Jakarta-Jawa Barat), kloter 1,2, dan 3 SUB (Surabaya), kloter 1,2, dan 3 SOC (Solo).Juga kloter 1 dan 2 UPG (Ujung Pandang) serta kloter 1 JKG (Jakarta), MES (Medan), PLM (Palembang), BPN (Balikpapan) dan PDG Padang). Pemberangkatan jamaah dari Makkah ke Jeddah diawali dengan keberangkatan kloter 1 SOC pada pukul 05.10 Waktu Arab Saudi (WAS). Ahda mengatakan setiap hari PPIH akan memberangkatkan sekitar 18 kloter dari Makkah ke Jeddah. Setiba di Jeddah jamaah akan menempati sembilan hotel yang telah disediakan. Hotel tersebut adalah Hotel Madinah Palace, Holiday Inn, Hofuof, Al-Waha, Mercure, Azhar, Al-Amin, Shaihanah, dan Jamal Tower. Hingga Rabu (3/1), kata Ahda, pihak PPIH masih melakukan pengaturan tentang penempatan jamaah di Jeddah.’’Kami masih harus menyelesaian masalah yang terkait pengaturan penempatan jamaah di setiap hotel yang telah disediakan,’’ katanya kepadaMCH di Mekkah, Rabu (3/1).

Menurut Ahda, PPIH juga telah membayarkan penggantian uang makan di Arafah-Mina sebesar 300 Riyal kepada setiap jamaah. ‘’Jamaah yang diberangkatkan ke Jeddah pada hari pertama hingga ketiga semuanya telah mendapatkan penggantian uang makan Arafah-Mina,’’jelasnya. Bahkan, kata Ahda, hingga Selasa (2/1) malam, PPIH telah memberikan uang pengganti tersebut kepada sebanyak 26 kloter. Ia menambahkan, PPIH memang memprioritaskan terlebih dahulu pembayaran pengganti uang makan Arafah-Mina untuk kloter-kloter awal. Selain itu, Ahda juga mengatakan bahwa tak lama lagi jamaah gelombang II yang masih berada di Makkah juga akan diberangkatkan ke Madinah. Ia mengatakan bahwa pemberangkatakan jamaah dari Makkah ke Madinah akan dilakukan pada 7 Januari 2006 mendatang. Pemberangkatan awal jamaah haji dari Makakh ke Madinah akan diawali oleh jamaah yang tergabung dalam dua kloter asal embarkasi Solo. Mereka tergabung dalam kloter 34 dan 36 SOC.(MCH/Myd)