Haji 2022

Kali Pertama Lihat Kabah, Tangis Wartini Pecah

Makkah (Kemenag) --- Setiap orang memiliki kesan dan perasaannya masing-masing saat kali pertama melihat Kabah. Demikian juga dengan Wartini, jemaah asal Pati yang tergabung dalam kloter pertama Embarkasi Solo (SOC 1).

Dia tak kuasa menahan tangis bahagia saat tiba di Masjidil Haram. Tangisnya pecah saat tawaf di depan Kabah. 

"Saya akhirnya melihat bisa Kakbah secara langsung," kata Wartini di area Masjidil Haram, Senin (13/6/2022).

Wartini mengaku terharu dan tidak menyangka akhirnya bisa melaksanakan ibadah haji dan melihat langsung Kabah.

Tak hanya Wartini, jemaah haji Indonesia lainnya asal Pati bernama Tedjo juga menangis karena bisa menginjakkan kaki pertama kali di Kabah dan bisa naik haji. "Saya terharu dan bahagia sekali, karena saya dari dulu ingin sekali naik haji. Akhirnya tahun ini bisa berangkat," kata Tedjo.

Petugas Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (P3JH) Sektor Khusus Masjidil Haram Yenny Purnama memberikan pesan kepada seluruh jemaah haji Indonesia untuk menjaga kesehatan setelah melakukan perjalanan panjang dari Madinah. "Jangan paksakan diri, utamakan yang wajib-wajib saja kalau yang sunah sekiranya semampunya saja," kata Yenny.

Selain itu, jemaah haji diingatkan untuk memperbanyak minum air. Sebab, suhu di Arab Saudi cukup panas, rata-rata 40-45 derajat celcius. "Jangan lupa minum, jangan tunggu haus. Satu atau dua jam berikutnya makan kurma dengan harapan gula darahnya ada," katanya. (MCH 2022)