Internasional

Kala Berat Koper Jemaah di Pesawat Dibatasi  

Petugas perusahaan kargo sedang menimbag barang jemaah yan akan dikirim ke Indonesia

Petugas perusahaan kargo sedang menimbag barang jemaah yan akan dikirim ke Indonesia


Makkah (Kemenag) – Kerumunan kecil jemaah haji di teras Hotel Safwat Albait Kawasan Mahbas Jin Kota Makkah pagi sekira pukul 10.00 waktu setempat menarik perhatian para jurnalis yang tergabung di Media Center Haji (MCH) Panita Penyelenggara Ibadah Haji Arab Saudi Daerah Kerja Makkah untuk mendekat dan melihat aktivitas jemaah haji tersebut.

Seorang jemaah dengan perawakan kurus, berkaos oblong, dan bersarung sibuk mencatat hasil timbangan di form beberapa kemasan paket yang terbungkus rapat dililit lakban coklat. Jemaah lainnya mengerumuni dan membantu membacakan data si pemilik paket dan alamat tujuan pengiriman.

Paket bungkusan dengan beragam ukuran, tertera jelas nama si pengirim dan alamat tujuan pengiriman salah satunya bernama H. Kiswantoro/Syamsiar dengan alamat Jl. Pahlawan, Kab. Lamongan Jawa Timur, tertulis juga nomor telepon selularnya.

Muhammad Fuad (60) jemaah asal Lamongan mengatakan, ia bersama sejumlah jemaah lainnya mengirimkan barang belanjaannya selama haji melalui jasa ekspedisi pengiriman barang yang datang ke hotel tempat ia menginap.

“Karena ketentuan barang bawaan yang dibatasi, maka karpet hambalan, pakaian gamis, dan oleh-oleh khas Arab lainnya yang dibeli di Tanah Suci kita kirim melalui jasa pengiriman,” kata Fuad yang berprofesi sebagai pedagang ikan tawar.

“Harga per kilonya 6 real, dan karena menggunakan jasa pengiriman via laut, estimasi sampai di rumah 1 bulan lebih,” lanjut Fuad, Minggu (17/07/2022).

Ibadah haji tidak hanya menjadi momentum memperbanyak ibadah khususnya di dua masjid suci Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Kota Madinah serta tempat bersejarah lainnya, tapi juga menjadi kesempatan jemaah untuk berbelanja barang yang sejatinya dapat di beli di Tanah Air.

Tak heran, nyaris toko-toko yang berada di Kawasan jemaah haji Indonesia menginap tertulis banner Toko Indonesia dengan bendera merah putih mencolok, tentu untuk menarik perhatian jemaah Indonesia belanja. Para pelayan tokonya fasih berbahasa Indonesia meski untuk kosakata terbatas seperti “Murah” “100 ribu rupiah”, “terima kasih”, “bagus”, dan kosakata lainnya.

Pernah ditemui, seorang jemaah wanita tanpa sungkan berbahasa daerahnya menawar barang yang ia minati, sementara si pelayannya hanya mengangguk-angguk dengan dahi berkerut, bingung. Jemaah haji Indonesia selain terkenal ramah, juga senang belanja meski budget yang dikeluarkan mereka berbeda-beda.

Fuad mengatakan, pembatasan berat koper yang masuk di bagasi dan kabin pesawat mengharuskan barang-barang yang ia dan jemaah lainnya beli dikirim melalui jasa ekpedisi tersebut. Ditanya berapa ia menghabiskan uang untuk berbelanja oleh-oleh untuk dibawa ke Tanah Air, Fuad mengaku cukup banyak.

“Besaran uang yang dihabiskan beda-beda setiap jemaah, rata-rata habis di atas 10 juta untuk belanja,” terang Fuad yang menunggu haji selama 12 tahun.

Belanjaan yang ia bawa di koper maupun tas kabinnya hanya berupa kurma beberapa kilo saja, sementara kurma dengan jumlah banyak dan akan dibagikan ke tetangga sepulang dari di Tanah Suci sudah ia beli di Tanah Air.

“Oleh-oleh haji seperti kurma dan lainnya sebagian sudah kita beli di rumah, kecuali beberapa jenis belanjaannya yang ia beli di Tanah Suci, agar terasa aroma Makkah dan Madinahnya, malah ada yang dibawa tawaf,” kata Fuad berbinar.

Heri, salah seorang pegawai Jabal Kargo, perusahaan jasa pengiriman yang digunakan jemaah mengatakan, barang-barang tersebut dikirim menggunakan kapal laut dan diperkirakan sampai di Indonesia paling lama 2 bulan.

“Mudah-mudahan tidak sampai 2 bulan sampai di Indonesia,” kata pria asal Jawa Timur yang sudah bekerja di Arab Saudi selama 13 tahun.

Perusahaan tempat dia bekerja berbasis di Jakarta namun memiliki cabang di sejumlah kota termasuk di Makkah. Setiap musim haji perusahaan tempat ia bekerja banyak memperoleh order pengiriman barang jemaah ke Tanah Air.

Suasana serupa terlihat di sejumlah hotel-hotel tempat jemaah haji Indonesia menginap, beberapa petugas perusahaan kargo sedang mengemas dan menimbang barang jemaah yang akan dikirim ke Tanah Air.


Editor: Dodo Murtado
Fotografer: Dodo Murtado

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua