Nasional

Kakanwil Kalsel: Persiapan Pembukaan MTQ Nasional Sudah Final

Gubenur Kalsel Sahbirin Noor didampingi Kakanwil Kemenag Kalsel M Tambrin saat membuka Pawai Taaruf di Kota Intan Martapura

Gubenur Kalsel Sahbirin Noor didampingi Kakanwil Kemenag Kalsel M Tambrin saat membuka Pawai Taaruf di Kota Intan Martapura

Banjarbaru (Kemenag) --- Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Nasional XXIX Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun 2022 siap digelar. Para kafilah dan official dari berbagai provinsi sudah tampak mulai berdatangan melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor, Landasan Ulin, Kabupaten Banjarbaru sejak Minggu (9/10/2022)

Tiba di Bandara Internasional Syamsudin Noor, mereka disambut dengan musik tradisonal banjar yang dibawakan bujang dan dara. Menurut rencana, opening serimoni pembukaan MTQN Nasional di Bumi Lambung Mangkurat akan digelar di venue utama Tiram Park Kabupaten Banjar.

MTQ Nasional ke-29 mengusung tema 'Dengan MTQ Nasional, Kita Tingkatkan Kualitas SDM yang Unggul dan Qur'ani, untuk Mewujudkan Masyarakat yang Religius dan Moderat'.

Kalimantan Selatan ditetapkan menjadi tuan rumah MTQ Nasional XXIX tahun 2022 berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 442 Tahun 2020. Helat nasional ini berlangsung 10 - 19 Oktober 2022.

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel M Tambrin mengatakan persiapan pembukaan MTQN di Bumi Lambung Mangkurat sudah final. "Persiapan pembukaan MTQ Nasional sudah final. Semua venue termasuk Astaka Utama Kiram Park di Kabupaten Banjar yang akan menjadi venue pembukaan dan penutupan pelaksanaan MTQ Nasional ke 29 persiapannya sudah final. Begitu juga dengan akses pendukung seperti jalan menuju lokasi pembukaan," kata M Tambrin di sela-sela meninjau sejumlah venue di Kabupaten Banjarbaru, Selasa (11/10/2022).

"Setiap venue lomba menampilkan karakteristik yang berbeda-beda dalam balutan khas banjar. Pembukan pada 12 Oktober malam akan dihadiri Kepala Negara, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, sejumlah menteri, Gubernur Kalsel dan pejabat negara lainnya, " sambungnya.

Ia menambahkan MTQ Nasional 2022 akan berlangsung di tiga daerah, yakni Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, dan Kota Banjarmasin.

Untuk Kabupaten Banjar, terdapat enam venue. Pertama, Masjid Al Karomah di Kota Martapura untuk Cabang Tilawah Dewasa dan Qiraat Sab'ah Mujjaawad. Kedua, STAI Darussalam di Kota Martapura untuk Cabang Hifzil Qur'an, golongan 1 juz dan 5 juz.

Ketiga, Madrasah Darussalam di Kota Martapura untuk Cabang Khat golongan Naskah dan Hiasan Mushaf, golongan Dekorasi dan Kontemporer. Keempat, Masjid Nurul Iman di Kota Martapura untuk Cabang Tilawah, golongan tartil dan canet.

Kelima, Masjid Bambu KH Abdul Gadir Hasan di Kiram Park untuk Cabang Qiraat Murottal remaja dan dewasa. Keenam, di panggung Astaka Utama Kiram Park yang menjadi tempat pembukaan dan penutupan MTQ nasional untuk Cabang Tilawah golongan anak-anak dan remaja.

"Kota Banjarbaru ada empat venue, yakni, Gedung Idham Chalid Kompleks Perkantoran Pemprov Kalsel untuk cabang lomba fahmil Qur'an, Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalsel untuk cabang lomba Syahril Qur'an," kata M Tambrin.

Kemudian, lanjut Kakanwil, Aula Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin di Banjarbaru untuk cabang lomba karya tulis ilmiah Al-Qur'an dan Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru untuk cabang lomba tafsir Bahasa Indonesia dan Inggris.

"Untuk Kota Banjarmasin ada dua venue, yakni, Masjid Jami Sungai Jingah untuk cabang hifzil Qur’an 10 Juz dan 20 Juz dan Masjid Raya Sabilal Muhtadin untuk cabang hifzil Qur’an 30 Juz," ujarnya.

Rangkaian jelang pembukaan MTQ Nasional ke 29 diisi dengan kegiatan pawai taaruf di Kota Martapura dan Malam Taaruf di Siring 0 Km Banjarmasin pada Selasa (11/10/2022) malam.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Fadhlillah Hafizhan M

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua