Nasional

Jemaah Sakit Disafari Wukufkan

Mekkah, 3/12 (Pinmas) - -Untuk persiapan safari wukuf di Arafah, Wakil Kadaker Mekkah Bagian Kesehatan Suhelmi Simon mengatakan, pihaknya akan mengerahkan tenaga kesehatan yang ada untuk melayani jamaah yang sakit guna melakukan safari wukuf di Padang Arafah. Saat ini, kata Suhelmi, sedang dilakukan seleksi pasien untuk safari wukuf, Bagi jamaah sakit yang tak mampu untuk wukuf, maka kita nanti akan membawanya dengan safari wukuf ke Arafah didampingi tim medis dari Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI).

Dikatakannya, dalam seleksi itu, semua petugas kesehatan akan terus memantau kondisi para pasien yang kini dirawat di BPHI. Para jamaah akan dilihat kriteria penyakitnya. Sampai saat ini, ada 21 orang yang dirawat di BPHI. Penyakit yang umumnya diderita jamaah adalah penyakit bawaan, psikotik, dan diabetes melitus. Di samping itu, masih banyak penyakit lainnya yang diderita jamaah.

Untuk itu, Suhelmi mengimbau kepada jamaah untuk menjaga kesehatannya saat ini, terlebih lagi menjelang wukuf di Arafah. ``Sebelum wukuf, jaga kesehatan dan stabilitas tubuh. Cukup makanan bergizi, banyak minum, dan istirahat.`` Selain itu, dia juga menyarankan agar jamaah menyimpan tenaganya sebelum puncak haji itu. Jadi, katanya, ibadah sunah, sebaiknya dilakukan setelah wukuf. ``Kalau roboh sebelum wukuf, akan repot nantinya.`` (dewi)

Tags:

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua