Itjen Kemenag Pantau Penyaluran Bantuan Sarana Prasarana Madrasah

Bogor (Kemenag) --- Inspektorat Jenderal Kementerian Agama sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) menurunkan tim untuk melakukan Pemantauan dan Evaluasi Program Bantuan Sarana dan Prasarana. 

Pemantauan dilakukan antara lain pada dua madrasah di Kabupaten Bogor. Pertama, Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTs) Ciasihan yang terletak di kaki Gunung Halimun. Madrasah ini mendapat bantuan dari Kemenag berupa seperangkat meubelair penunjang kegiatan belajar mengajar. 

Kedua, MTs SA Arrahman yang mendapat bantuan piranti komputer untuk keperluan ujian Computer Based Test (CBT).

Ketua Tim Pemantauan dan Evaluasi Program Bantuan Sarana dan Prasarana Itjen Kemenag M.Irsan mengatakan untuk lingkup madrasah yang tergolong masuk kategori terluar, tertinggal, terdepan (3T) ini, bantuan bisa jadi sangat dinantikan. "Kedatangan kami pada intinya ingin memastikan bantuan tepat guna, dan tepat sasaran untuk madrasah," ujar Irsan, Rabu (28/9/2022).

“Untuk madrasah yang sekiranya memang membutuhkan bantuan lainnya, agar rajin mengajukan proposal di aplikasi SIM-Sarpras Kemenag," sambungnya. 

Ia menambahkan SIM-Sarpras atau Sistem Informasi Sarana dan Prasarana Madrasah adalah sistem informasi sarana dan prasarana Madrasah yang dapat digunakan untuk Pengajuan Proposal Bantuan. 

Anggota tim yang turun melakukan evaluasi terdiri dari Imron Fauzi, Fajar Harnanto, Subhan Mubarak, dan Masyhud. Anggota tim dengan teliti turut serta mengecek kelengkapan berkas penerimaan, dilanjutkan dengan bukti fisik barang yang diterima.

"Semoga Bantuan Sarpras 2022 sesuai dengan harapan masyarakat. Sehingga ikhtiar menciptakan pendidikan madrasah yang berkualitas, unggul, dan berkarakter dapat terwujud. Bravo madrasah, Madrasah Hebat Bermartabat!," tandas M Irsan. (Fajar)