Ini Lima Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Ar-Raniry Aceh

Sabang (Kemenag) --- Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2022/2023. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Gunawan, menyampaikan kesempatan menjadi mahasiswa UIN Ar-Raniry terbuka bagi siswa kelas XII SMA/MA maupun santri pesantren. 

Untuk memberikan kesempatan tersebut, UIN Ar-Raniry menyiapkan lima jalur PMB. Hal ini diungkapkan Gunawan saat menyampaikan sosialisasi PMB Tahun Akademik 2022/2023 bagi siswa kelas SMA/MA di Sabang, Aceh. 

“Semua punya kesempatan yang sama untuk melanjutkan studi. Dari manapun asalnya baik dari desa maupun kota, miskin atau kaya semua punya hak dan kesempatan yang sama untuk mengubah nasib dan takdir,” ungkap Gunawan, Selasa (15/2/2022). 

Kepala Bagian Akademik Biro AAKK UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Fadhli menjelaskan bahwa pada PMB tahun ini UIN Ar-Raniry Banda Aceh akan menerima 5140 orang calon mahasiswa melalui seleksi nasional dan mandiri.

Adapun lima jalur penerimaan mahasiswa di UIN Ar-Raniry Banda Aceh yaitu melalui seleksi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) bersama dengan Kemendikbud.

Sementara untuk jalur seleksi dibawah Kementerian Agama yaitu melalui seleksi SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) dan UMPTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan terakhir melalui jalur mandiri PMB Lokal.

"Persentase kuota seleksi jalur SPAN dan SNMPTN 30 %, UMPTKIN dan SBMPTN 40% dan PMB Lokal 30 %,"kata Fadhli. 

Untuk tahapan dan jadwal pendaftaran semua jalur tersebut dapat dilihat pada brosur atau pengumuman pada website dan laman resmi UIN Ar-Raniry, https://pendaftaran.ar-raniry.ac.id/ atau call center 0823 7034 0228 dan 0823 7080 4528.

Dalam kesempatan tersebut, Warek Gunawan mengungkapkan selain  lima jalur PMB, pihaknya juga akan menyiapkan jalur seleksi non akademik. "UIN Ar-Raniry Banda Aceh memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa lulusan SMA/MA dan pesantren untuk melanjutkan kuliah melalui jalur seleksi non akademik prestasi Minat Bakat dan Keterampilan Khusus (PMBK) seperti Hafiz Al Quran dan prestasi non akademik lainnya,"ungkapnya. (Arkin/UIN Ar Raniry)