Ini Enam KUA Model Revitalisasi yang Dirilis Besok

Banjarnegara (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan mencanangkan enam Kantor Urusan Agama (KUA) Model Revitalisasi KUA, Sabtu, 29 Mei 2021 malam. Revitalisasi KUA merupakan salah satu program prioritas Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Rencananya, pada 2021, program ini akan menjangkau 100 KUA, dan dimulai dengan menetapkan enam KUA Model yang dianggap telah memenuhi syarat sebagai percontohan. Rilis enam KUA Model ini akan dipusatkan di KUA Kecamatan Banjarnegara, Jawa Tengah.

Menjadi tuan rumah pencanangan KUA Model, tak membuat KUA Banjarnegara meliburkan pelayanan. Sejak pagi, telah tampak kesibukan di meja front office KUA Banjarnegara. "Iya, kami tetap berikan pelayanan. Tidak boleh tutup atau libur meski sedang persiapan Pencanangan KUA Model oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas," ungkap Kepala KUA Banjarnegara Musobihin, di Banjarnegara, Jumat (28/5/21).

“Tadi pagi ada tiga proses akad nikah di Balai Nikah. Pernikahan dengan menerapkan protokol Kesehatan. Ada juga yang mengurus legalisir surat nikah, mengambil surat nikah, dan beberapa pelayanan lainnya," imbuh Musobihin. 

Musobihin mengungkapkan, pencanangan KUA Model besok akan diikuti oleh kelima KUA Model lainnya melalui sambungan video conference. Adapun enam KUA Model yang akan dirilis adalah: KUA Kecamatan Ciawi Gebang, Kab. Kuningan (Jawa Barat);  KUA Kecamatan Banjarnegara, Kab. Banjarnegara, (Jawa Tengah); KUA Kecamatan Sewon, Kab. Bantul (Daerah Istimewa Yogyakarta); KUA Kecamatan Sidoarjo, Kab. Sidoarjo (Jawa Timur), KUA Kecamatan Gunung Sugih, Kab. Lampung Tengah (Lampung); dan 6. KUA Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar (Sulawesi Selatan). 

Berita terkait: Besok, Menag Canangkan Revitalisasi KUA di Banjarnegara

Pencanangan KUA Model Revitalisasi ini rencananya juga akan dihadiri Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono. “Besok Menag dan Pak Bupati juga akan menjadi saksi pernikahan bagi salah satu pasangan yang akan menikah di KUA Banjarnegara,” ungkap Musobihin. 

Adalah pasangan Jamar Priyono dan Annishya Nur Aini yang terjadwal melakukan proses akad nikah bersamaan dengan Pencanangan KUA Model Revitalisasi. Pernikahan keduanya akan disaksikan Menag Yaqut Cholil Qoumas dan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono. 

Hal ini tentunya menjadi kesan tersendiri bagi keduanya. Jamar menuturkan ia akan meminta doa secara khusus kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang bersedia secara khusus menjadi saksi pernikahannya.

" Insyaallah mau minta doa ke Pak Menteri," kata Jamar. 

Senada dengan calon suaminya, Annishya juga merasa tidak percaya saat diberi tahu pihak KUA Banjarnegara bahwa pernikahannya akan disaksikan Menag dan Bupati Banjarnegara.

"Kepingin minta doa dari Pak Menteri supaya rumah tangganya berkah dan lancar saat akad nikah. Terima kasih kepada Pak Menteri, Pak Bupati dan KUA Banjarnegara. Saya gak bisa berkata-kata lagi," pungkasnya. (pirman)