Internasional

Imbau Jemaah Jaga Kesehatan, Gus Men Perjuangkan Zamzam Lebih 5 Liter Tahun Depan

Menag Yaqut Cholil Qoumas

Menag Yaqut Cholil Qoumas

Makkah (Kemenag) --- Menteri Agama sekaligus Amirul Hajj Yaqut Cholil Qoumas (Gus Men) mengimbau jemaah tetap menjaga kesehatan. Jelang kepulangan, kondisi fisik tetap harus dijaga.

“Saya ingin sebenarnya di waktu krusial menjelang kepulangan, baik petugas maupun jemaah menjaga staminanya,” kata Gus Men usai berkeliling Masjidil Haram untuk mengecek jemaah haji, Minggu (17/7/2022) dini hari.

Ditemani beberapa staf khusus, Gus Men sengaja berada di Masjidil Haram tengah malam untuk mengecek jemaah haji. Tiba di Masjidil Haram Sabtu (16/7/2022) sekitar pukul 21.30 WAS, Gus Men baru meninggalkan Masjidil Haram pada Minggu (17/7/2022) pukul 01.30 WAS dini hari.

“Saya memang pengan melihat, ternyata sampai setengah dua (01.30 WAS), masih banyak jemaah yang ke masjid baik tawaf, atau sekadar iktikaf atau melanjutkan umrah,” kata Gus Men.

Padahal jelang kepulangan ke tanah air, seluruh jemaah tetap harus menjaga kesehatannya. Jangan sampai ngedrop menjelang kepulangan.

“Kita tidak ingin jemaah ini kehilangan energinya, karena kemarin saya melihat statistik itu ada jemaah empat yang wafat setelah armuzna ada kenaikan jemaah yang wafat,” ujarnya.

Jemaah yang wafat mayoritas karena kardiovaskular yang dipicu oleh kelelahan yang berlebihan.

“Saya berharap jemaah menjaga stamina. Petugas (haji) juga harus menjaga stamina. Yang penting juga petugas menjaga semangat. Semangatnya melayani sampai akhir sampai jemaah sampai rumah,” kata dia.

Menag juga telah minta seluruh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) bisa mengurangi program-program ziarah jalan-jalan dan belanja bagi jemaah.

“Malam tadi kita koordinasikan dengan KBIH agar jemaah tidak terlalu diforsir yang sunah maupun yang mubah. Yang mubah itu belanja-belanja, jalan-jalan. Mending dikurangi agar jemaah istirahat dulu,” kata Menag.

Sementara itu, untuk menyambut kedatangan jemaah di tanah air, Kementerian Agama juga telah menyiapkan prosesi penyambutan sehingga jemaah bisa lebih Fresh dan kembali ke rumah bisa bahagia. Jemaah juga akan langsung mendapatkan 5 liter air Zamzam setiba di asrama haji.

Terkait Zamzam, Gus Men mengaku akan berjuang agar tahun depan jemaah Indonesia bisa mendapatkan Zamzam lebih dari 5 liter.

“Kita akan perjuangkan. Saya sudah komunikasi dengan berbagai pihak. Dengan Pak Menteri Haji (Arab Saudi) juga saya sampaikan,” kata Gus Men.

Usai rangkaian haji, Gus Men mengaku akan kembali ke Arab Saudi untuk bertemu menteri Haji. Salah satunya untuk minta jarah lebih Zamzam untuk jemaah Indonesia.

“Setelah semua proses ibadah selesai jemaah pulang. Saya akan kembali ke sini untuk mengikhtiarkan banyak hal salah satunya penambahan Zamzam,” ujarnya.

Bagi jemaah Indonesia, jatah Zamzam yang hanya 5 liter memang sangat tidak cukup. Ini pula yang membuat banyak jemaah yang tetap nekat memasukkan Zamzam ke dalam koper.

“Mengapa jemaah memaksa bawa Zamzam masuk ke dalam koper? Karena lima liter terlalu sedikit. Kalau memandang jemaah Indonesia sama dengan yang lain tentu berbeda. Kita ini kekeluargaan kita dekat. Kekerabatan kita luas. Jadi kalau lima liter keluarga inti sudah habis jadi tetangga keluarga jauh tidak kebagian. Ini yang akan kita sampaikan agar jemaah haji mendapatkan porsi yang lebih banyak tentu juga sesuai aturan penerbangan,” kata dia.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua