ICON UCE 2022 Bahas Format Pengabdian Masyarakat PTKI

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama kembali menggelar International Conference on University-Community Engagement (ICON UCE). IAIN Syekh Nurjati Cirebon didaulat sebagai tuan rumah The 4th ICON UCE, 24-26 Oktober 2022. 

Event internasional dua tahunan kali ini akan membahas tentang format pengabdian masyarakat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia. Selain forum diskusi ilmiah, kegiatan ini menjadi ajang menunjukkan hasil karya ilmiah terbaik, serta meningkatkan networking penyelenggaraan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, M Ali Ramdhani, menyatakan ICON UCE 2022 keempat ini memberi kesempatan luas kepada perguruan tinggi, organisasi masyarakat sipil dan masyarakat luas untuk saling berbagi pengalaman tentang konsepsi pengabdian kepada masyarakat. Ajang ini juga memberikan kesempatan untuk mengembangkan kemitraan PTKI dengan masyarakat.

"Civitas akademika dapat membuat agenda kerja riil dalam rangka mengarusutamakan pemberdayaan masyarakat berbasis riset dengan melibatkan komunitas dan elemen masyarakat," ujar Ali Ramdhani di Jakarta, Senin (26/9/2022).

Kepala Subdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Suwendi, menambahkan, ICON UCE diorientasikan untuk meneguhkan integrasi tridharma perguruan tinggi serta merumuskan pengabdian kepada masyarakat yang komprehensif, sistematis, terstruktur, dan masif.

"Kita ingin memastikan tri dharma sudah semestinya terintegrasi. Pembelajaran penalaran dan penelitian bukan dharma yang terpisah, tapi ketiganya menyatu dan saling membutuhkan," ucap Suwendi.

"Konferensi ini memberi kesempatan kepada para pemangku kepentingan yang bekerja sama dari berbagai mitra untuk membuat inisiatif transformasi sosial yang inovatif dan kreatif," sambungnya.

Suwendi mengundang civitas akademika PTKI terutama para Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian untuk aktif berpartisipasi dalam serangkaian agenda 4th ICON UCE 2022. Caranya, dengan mengirimkan karya terbaiknya. “Silakan lakukan seleksi di kampusnya masing-masing merujuk kriteria yang sudah ditentukan, lalu kirimkan ke panitia," tutur Suwendi. 

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Sumanta Hasyim, menegaskan kesiapannya sebagai tuan rumah 4th ICON UCE 2022. "Meskipun kondisi saat ini masih belum dinyatakan normal betul, dengan semangat gigih, kami mengundang bapak dan ibu sekalian datang ke Cirebon melaksanakan kegiatan ICON UCE ini. Mudah-mudahan acara ini berjalan dengan baik," harapnya.

ICON UCE merupakan event internasional dua tahunan yang digelar Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama. ICON UCE pertama berlangsung di UIN Alauddin Makassar (2014), selanjutnya di UIN Sunan Ampel Surabaya (2-5 Agustus 2016), dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (8-10 Oktober 2018). ICON UCE ke-4  akan diselenggarakan 24-26 Oktober 2022 di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Ada empat rangkaian kegiatan dalam ICON UCE 2022, yaitu: forum international conference, expo atau pameran hasil karya pengabdian PTKI se-Indonesia, training tentang metodologi pengabdian kepada masyarakat (PAR dan ABCD), serta seleksi pengabdian terbaik yang meliputi kategori penyelenggaraan KKN terbaik, tokoh inspiratif dalam PKM dan program PKM terbaik.

Informasi detail tentang ICON-UCE 2022, sila klik: http://icon-uce.id/#