IAIN STS Jambi Mendesak Jadi Universitas

Jambi, 19/7 (Pinmas) - Institut Agama Islam Negeri Sultan Thaha Syaifupudin (IAIN-STS) Jambi mendesak ditingkatkan statusnya menjadi universitas atau disamakan dengan Universitas Negeri Jambi (Unja). Pemenang suara terbanyak dalam pemilihan calon Rektor IAIN STS Jambi, Prof DR Muchtar Latief Mpd, mengatakan di Jambi, Rabu, peningkatan status IAIN tersebut telah lama diwacanakan dan menjadi program lima tahun ke depan.  

"Jika saya disetujui Presiden menjadi Rektor IAIN STS Jambi, itu akan menjadi prioritas kerja saya untuk mewujudkannya," katanya.   Muchtar Latief yang kini masih menjabat Dekan Fakultas  Tarbiayah IAIN STS Jambi pada 15 Juli 2006 dalam pemilihan calon rektor, meraih suara terbanyak yaitu 118 suara dari 235 pemilih senat, sedang dua kandidat lain  Drs Achmad Harris MA Phd (Purek I), dan Prof Dr Munthalib SH MS (dosen biasa) masing-masing memperoleh 84 dan 31 suara.

Senat telah mengusulkan ketiga nama calon rektor hasil pemilihan pada 15 Juli 2006, dan kini dalam proses.   Muchtar menjelaskan, IAIN STS Jambi mendesak dijadikan universitas selain untuk peningkatkan kualitas SDM juga sejalan dengan tuntutan perkembangan dan kemajuan ekonomi daerah itu. IAIN harus menjadi salah satu penentu kemajuan pendidikan, ekonomi, sosial, dan budaya dengan melahirkan lulusan sarjana berkualitas dan bermoral.(Ant/Ims)