Daerah

IAIN Kudus Wisuda 811 Mahasiswa Secara Online 

Wisuda Online IAIN Kudus

Wisuda Online IAIN Kudus

Kudus (Kemenag) --- IAIN Kudus hari ini menggelar wisuda periode Juni 2021. Karena masih pandemi, wisuda 811 mahasiswa digelar secara online.

Hanya wisudawan terbaik di 24 program studi yang datang ke kampus. Prosesi hanya dihadiri Rektor, Para Wakil Rektor, serta Ketua dan Anggota Senat IAIN Kudus.

Wisuda Program Sarjana ke-29 ini diikuti 760 mahasiswa. Sementara wisuda Program Pascasarjana diikuti 51 mahasiswa.

“Wisuda periode ini harus berlangsung, jika terlambat atau ditunda maka akreditasi prodi dan institusi akan terganggu,” terang Rektor IAIN Kudus, Mudzakir, Rabu (30/6/2021).

Menurut Mudzakir, pihaknya sedang berbenah untuk meningkatkan akreditasi, kualitas pembelajaran, serta kualitas hasil penelitian dan pengabdian masyarakat. Termasuk juga peningkatan kualitas mahasiswa.

Alumni IAIN Sunan Kalijaga ini berpesan agar para wisudawan terus mengasah kompetensi, meningkatkan kapasitas di era persaingan bebas dengan tetap menjaga norma-norma Islam. “Distingsi sarjana IAIN dengan kalangan lain ada pada karakter, moral dan akhlakul karimah, termasuk berbakti kepada kedua orang tua,” katanya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Supa’at, dalam laporannya menyebutkan bahwa prosesi diikuti 398 wisudawan dari Fakultas Tarbiyah, 29 Fakultas Syariah, 198 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, 58 Fakultas Ushuluddin, dan 77 wisudawan dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam.

“Rata-rata lulusan menempuh studi tepat waktu, delapan semester, yang merupakan buah dari relaksasi kebijakan pelayanan tugas akhir secara optimal termasuk offline dengan prokes ketat,” kata Supa’at.

Kepala Biro AUAK IAIN Kudus, Adnan, mengatakan, pelaksanaan wisuda secara online merupakan kebijakan yang tepat, untuk menjaga kesehatan dan keselamatan. “Situasi Kudus yang merupakan zona merah, mengharuskan kehati-hatian dan pengertian dari semua pihak, termasuk dalam gelaran wisuda,” katanya.

“Di masa Covid-19, kampus terus berusaha memberikan pelayanan prima, termasuk layanan bimbingan tugas akhir dan wisuda,” tegas Adnan. (Yusi/RB)


Editor: Moh Khoeron

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua