Daerah

IAIN Kediri Kini Buka Program Doktor Studi Islam

Lanching Prodi S3 dan Wisuda IAIN Kediri

Lanching Prodi S3 dan Wisuda IAIN Kediri

Kediri (Kemenag) --- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri kini membuka Program Doktor (S3) Studi Islam. Launching program ini dilakukan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Muhammad Ali Ramdhani, Rabu (25/8/2021) pekan lalu.

Bersamaan itu, digelar wisuda gelombang I tahun 2021 untuk 548 lulusan jenjang Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2). Mereka berasal dari empat fakultas dan 15 prodi pada jenjang sarjana dan tujuh prodi pada jenjang pascasarjana.

Wisudawan terbaik dan penulis skripsi serta tesis terbaik diundang secara langsung untuk mengikuti prosesi wisuda di Gedung Sport Center IAIN Kediri, dengan menerapkan protokol kesehatan. Mahasiswa lainnya mengikuti wisuda secara virtual.

"Dengan nengharap rida dan ma'unah Allah Swt, marilah kita buka Program Studi Islam jenjang doktor (S3) IAIN Kediri dengan sama-sama membaca basmalah,” ungkap Ramdhani saat launching prodi baru S3 di penghujung orasi ilmiahnya.

Guru Besar UIN Sunan Gunungdjati Bandung ini berharap dibukanya prodi studi Islam S3 akan memantapkan kajian-kajian keislaman dan kualitas IAIN Kediri dalam memberikan layanan pendidikannya.

Kepada para wisudawan, Ramdhani berharap ilmu yang telah diraih memberikan manfaat dan menjadi bekal dalam meniti kiprah dan perannya di masyarakat. “Para wisudawan-wisudawati dan keluarga besar IAIN Kediri harus mendampingi, mengedukasi dan memberikan pencerahan serta pengabdian secara nyata kepada masyarakat,” katanya.

“Apapun gelar akademik yang kita raih dan disematkan oleh perguruan tinggi, harus memberikan manfaatkan kepada masyarakat di sekitar,” harapnya.

Rektor IAIN Kediri Nur Chamid memberikan selamat kepada para wisudawan dan berharap ilmu yang telah dipelajarinya di kampus bermanfaat untuk kemajuan bangsa. “Saya bangga di tengah kesibukan, anda semua dapat lulus dengan prestasi yang membanggakan,” ujarnya.

Diluncurkannya Program Doktor Studi Islam mendapat sambutan baik dari berbagai pihak. Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar, turut menyampaikan selamat secara virtual kepada para wisudawan dan dibukanya program doktor Studi Islam.

“Melalui program studi yang baru ini, semoga menghasilkan ilmuwan bertaraf internasional yang cerdas, berlandaskan Islam, serta cinta Indonesia,” terang Abu Bakar.

Sementara itu, Ketua PCNU Kota Kediri KH. Abu Bakar Abdul Jalil juga memberikan ucapan selamat dan sukses atas pembukaan program doktor Prodi Studi Islam. “Semoga dengan dibukanya program ini mampu menghantarkan generasi penerus yang berkualitas,” harapnya.

Pada wisuda gelombang II di siang hari, hadir secara virtual memberikan sambutan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Suyitno dan sejumlah tokoh agama dan masyarakat.(Humas/ZL)


Editor: Moh Khoeron

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua