Nasional

HUT Baznas, Menag: Tingkatkan Manfaat Zakat untuk Kesejahteraan Masyarakat

Menag Yaqut Cholil Qoumas

Menag Yaqut Cholil Qoumas

Jakarta (Kemenag) --- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21. Menag Yaqut Cholil Qoumas berharap Baznas dapat terus meningkatkan manfaat zakat untuk kesejahteraan umat.

“Terus tingkatkan manfaat zakat untuk kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan di Indonesia,” pesan Menag saat memberikan sambutan perayaan HUT Baznas secara virtual, Jakarta, Senin (17/1/2022).

Menurut Menag, zakat sangat berperan dalam menopang pembangunan nasional. Sebagai instrumen redistribusi harta, zakat sangat berperan untuk mempercepat kemudahan akses memperoleh kesehatan, pendidikan, sosial, dan ekonomi. Dengan demikian, zakat diharapkan dapat memutus rantai kemiskinan dan mempercepat kesejahteraan rakyat.

“Zakat adalah refleksi dari kesadaran beragama bagi umat Islam yang tidak dapat dipisahkan dari tanggungjawab sosial sebagai warga negara,” ujarnya.

Dikatakan Menag, selaku lembaga pengelola dan penyalur zakat, menjadi tugas Baznas untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan dalam mengelola zakat. Baznas juga dituntut melakukan inovasi dan terobosan kebijakan yang diperlukan dalam rangka penguatan sistem dan peningkatan pengelolaan zakat yang berorientasi pada kepentingan umat. Lebih dari itu, Baznas harus senantiasa memelihara komitmen keumatan, kebangsaan, dan kemanusiaan.

“Saya mengajak segenap jajaran Baznas, pusat dan daerah, agar semakin memperkuat koordinasi dan sinergi dengan Kementerian Agama sebagai leading sector regulasi, kebijakan dan pengawasan pengelolaan zakat secara nasional. Baznas juga perlu terus meningkatkan kerjasama dengan berbagai instansi, ormas-ormas Islam, dan sebagainya,” tuturnya.

Menag juga menyampaikan terima kasih atas ditetapkannya Kementerian Agama sebagai Lembaga Negara Pendukung Gerakan Zakat Indonesia. Bersamaan itu, Menag mengajak seluruh pengurus Baznas, baik pusat maupun daerah, untuk mengoptimalkan zakat di lingkungan instansi kementerian/lembaga masing-masing.

“Sebagai Menteri Agama, saya mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Baznas ke-21 tahun 2022. Terus berikhtiar untuk mewujdukan visi menjadi Lembaga Utama Menyejahterakan Umat menuju Indonesia Maju,” tutupnya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Fadhlillah Hafizhan M

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua