Nasional

Hasrul Azwar: Coba Cek Ana Subkontrakan Katering Armina Ke Suraya Fatani

Jeddah, 10/1 (Pinmas) - Ketua Komisi VIII DPR-RI yang juga Ketua Tim Pengawas Haji DPR-RI Hasrul Azwar mengatakan, harian Al Madina kemarin sore menyebutkan bahwa ANA Katering telah mensubkontrakan pelayanan katering Armina bagi jemaah haji Indonesia kepada perusahaan lainnya, yaitu Suraya Fatani. Nilai subkontrak itu sebesar 14 juta SR (saudi riyal), lantas yang baru dibayar 7 juta SR."ANA telah mensubkan kepada Suraya Fatani, coba cek itu," kata Hasrul Azwar di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah saat hendak pulang ke tanah air, Selasa (9/1).

Menurut harian tersebut, kata Hasrul Azwar, 300 pekerjanya dijanjikan Suraya Fatani menerima 2000 SR selama seminggu bekerja. Janji itu belum teralisasi, sehingga pekerjanya melaporkan Suraya Patani kepada kapolda Mekkah dan mereka telah diterima. "Foto pekerja itu dimuat oleh Al Madina ketika diterima Kapolda Mekkah," ujarnya.Hasrul menilai, soal kasus katering Arafah ini, kesalahan terbesar ada pada kita. Selama ini yang mengelola katering 75 maktab untuk 189 ribu jemaah. sekarang dikelola oleh sebuah katering swasta untuk memenuhi jumlah yang sama.

"Malah ada informasi, tolong dicek ANA itu bergerak dibidang pakan ternak di Riyadh. Tidak pengalaman mengelola katering sama sekali," ucapnya.Soal adanya unsur sabotase, kata Hasrul, terlalu terburu-buru kita menyatakan adanya sabotase dari maktab. Ini miss manajemen kita sendiri. "Kita yang salah urus. Saya terkejut ada temen dari Jakarta yang bilang ada sabotase dari Muassasah dan Maktab. Jangan terburu-burulah untuk menuduh itu," tegasnya. Hasrul sendiri merupakan Tim Pengawas Haji DPR-RI yang paling akhir meninggalkan Arab Saudi, semula dia inggin menunggu kedatangan Tim Investigasi Haji bentukan Presiden SBY, untuk menyampaikan berbagai masukan bagi tim tersebut. Namun hingga Selama malam, tim investigasi itu belum mengkonfirmasikan kepastian kedatangannya ke Arab Saudi. Menurut Hasrul, tim tersebut belum keluar visanya,(MCH/ts)

Tags:

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua