Hari Pahlawan, Dirjen Bimas Islam: Momentum Gali Inspirasi para Pejuang

Jakarta (Kemenag) --- Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021 merupakan momentum untuk kembali menggali inspirasi dari para pahlawan kusuma bangsa yang telah gugur dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. 

Hal ini seperti diungkapkan Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin usai menghadiri Upacara Tebar Bunga di Laut dalam rangka Hari Pahlawan 10 November 2021 di KRI Semarang 594 di Dermaga Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (10/11/21). 

"Upacara Tebar Bunga di Laut ini semoga menginspirasi kita semua untuk mempertahankan kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh pahlawan kusuma bangsa," harap Dirjen. 

Dirjen menambahkan, upacara yang diinspekturi oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Panglima Madya TNI Ahmadi Heri Purwono di atas kapal yang berlayar di Perairan Teluk Jakarta ini merupakan ekspresi genuine dari bangsa Indonesia. 

"Upacara ini merupakan bentuk ekspresi genuine untuk menghargai pahlawan, para pendahulu yang berjuang hingga titik darah penghabisan," tambah Dirjen. 

Dirjen yang mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga menyampaikan, upacara yang dilaksanakan pada Hari Pahlawan 10 November 2021 merupakan ekspresi tulus yang dicerminkan oleh segenap bangsa Indonesia. 

"Ini bentuk penghargaan, apresiasi, dan ekspresi tulus dari kita semua. Tadi kita bersama TNI Angkatan Laut, lintas kementerian dan lembaga negara serta dihadiri oleh perwira tinggi," pungkas Dirjen. 

Dalam upacara yang berlangsung singkat tersebut  Dirjen Kamaruddin juga didaulat membacakan doa. Berikut ini doa lengkap yang dibaca Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin: 

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Agung, Puji syukur kami persembahkan ke hadirat-Mu, karena dengan izin-Mu jua pada saat ini kami dapat melaksanakan Upacara Tabur Bunga di perairan Teluk Jakarta untuk mengenang para pahlawan dan syuhada bangsa. Pada detik-detik yang penuh khidmat ini kami berdoa dan bermunajat kiranya memperoleh curahan rahmat dan rida-Mu dan semoga para pahlawan kusuma bangsa senantiasa Engkau taburi limpahan rahmat dan berkah-Mu serta ganjaran pahala yang berlipat ganda. 

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih, limpahkanlah taufik dan hidayah-Mu, agar kami dapat menjadi pewaris nilai dan semangat perjuangan para pahlawan dan syuhada untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan guna terwujudnya kesejahteraan lahiriah dan ketentraman batiniah bagi seluruh warga bangsa. Sertailah semua ikhtiar kami dalam mempersembahkan pengabdian terbaik untuk bangsa dan negara kami. 

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Penyayang, jadikanlah bangsa kami bangsa yang pandai bersyukur agar bertambah pula nikmat-Mu kepada kami, dan jauhkanlah bangsa kami dari sifat kufur agar kami terhindar dari azab dan siksaan-Mu. Ya Allah, jadikanlah Upacara Tabur Bunga ini sebagai momentum membangkitkan semangat pahlawan di dada kami untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa kami. 

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengampun, ampunilah dosa kami, dosa orang tua dan guru-guru kami, para pemimpin dan pahlawan kusuma bangsa kami. Hindarkan kami dari segala bencana, musibah, dan mara bahaya yang mengancam keutuhan bangsa kami. Hantarkanlah bangsa kami, dengan rahmat karunia-Mu, menuju keadaan yang Engkau cintai dan Engkau ridai.
(Pirman)