Daerah

Hari Batik Nasional 2022, MTsN 3 Pamekasan Gelar Batik Carnival

Siswi MTsN 3 Pamekasan memperagakan batik asli Pamekasan di Sumber Bungur Batik Carnival 2022

Siswi MTsN 3 Pamekasan memperagakan batik asli Pamekasan di Sumber Bungur Batik Carnival 2022

Pamekasan (Kemenag) --- Hari Batik Nasional merupakan salah satu peringatan tahunan yang diselenggarakan setiap 2 Oktober. Tujuannya, memaknai batik sebagai kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia.

Sebagai bentuk rasa kecintaan terhadap batik yang ditetapkan oleh UNESCO menjadi salah satu warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi, MTsN 3 Pamekasan, Madura, Provinsi Jawa Timur mendesain serangkaian kegiatan. Hal ini sekaligus sebagai wujud implementasi Penguatan Proyek Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil 'Aalamin (P5RA) dalam Kurikulum Merdeka dengan tema Sumber Bungur Batik Carnival.

Gelaran kecintaan akan budaya nonbendawi Indonesia ini digelar di Pondok Pesantren Sumber Bungur Pakong Pamekasan.

Kepala MTsN 3 Pamekasan, Mohammad Holis mengatakan kegiatan Sumber Bungur Batik Carnival yang digelar tahun ini dilaksanakan berdasarkan tahapan-tahapan proyek dalam modul yang disusun oleh tim penyusun.

"Dalam rangkaian kegiatan pembelajaran berbasis proyek ini, selain modul proyek juga disediakan video tutorial tahapan-tahapan kegiatan proyek yang digambarkan secara detail untuk membantu sukses pelaksanaan Sumber Bungur Batik Carnival dari hari pertama, 28 September hingga terakhir proyek pada 3 Oktober 2022," kata Mohammad Holis, Senin (3/10/2022).

Ia menambahkan pembelajaran dibagi menjadi dua aktivitas, antara lain pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas sesuai tahapan proyek dalam modul proyek yang telah disediakan. Tahapan tersebut meliputi tahap pengenalan yang terinci dalam aktivitas pengantar sejarah batik, eksplorasi termasuk mengenal jenis dan proses pembuatan batik, dan identifikasi hingga menelusuri batik dari berbagai sumber.

Ada juga tahap kontekstualisasi. Dalam tahap ini, terdapat beberapa aktivitas antara lain pengumpulan kliping tentang batik, pembuatan batik jumput, persiapan alat dan bahan serta membuat pola penjumputan, proses pewarnaan, proses pengeringan, finishing dan prepare ide kostum carnival.

Selanjutnya adalah tahap aksi. Aktivitas pada tahap ini meliputi ideasi eksplor ide kostum carnival, visualisasi hasil eksplor kostum karnival, dan survei lokasi Sumber Bungur Batik Carnival.

"Tahapan ini ditutup dengan refleksi dan tindak lanjut aktivitas dengan menggelar final day, merias lokasi sesuai pembagian kelas masing-masing, persiapan perform dan persuasi Sumber Bungur Batik Carnival," tandasnya.

Rangkaian kegiatan Sumber Bungur Batik Carnival, kata Mohammad Holis, selain membutuhkan kematangan perencanaan, juga mendapatkan dukungan dari seluruh stakeholder. Keterlibatan masyarakat, orang tua siswa, dan tokoh masyarakat dalam menyediakan lokasi puncak kegiatan Sumber Bungur Batik Carnival menjadi bukti kerjasama yang baik MTsN 3 Pamekasan.

Hal ini terbukti dengan antusiasnya warga dan pelajar menghadiri Sumber Bungur Batik Carnival 2022.

Gelaran Sumber Bungur Batik Carnival juga mendapat dukungan Bupati Pamekasan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan, Kepala Disperindag Kabupaten Pamekasan, Kepala seksi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama kabupaten Pamekasan, Camat Pakong, Kapolsek Pakong, Danramil Pakong, kepala desa se Kecamatan Pakong dan tokoh masyarakat hadir pada puncak acara Sumber Bungur Batik Carnival.

Selamat buat MTsN 3 Pamekasan atas pelestarian Batik Indonesia!


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua