Hanya Untuk Kondusifnya MTQN XXI

Kendari, 4/8 (Pinmas) - Himbauan dan harapan saya agar para wartawan peliput MTQ Nasional XXI 2006 di Kendari Sultra ini menghindari pemberitaan bernuansa politis selama MTQ berlangsung menurut Gubernur Sulawesi Tenggara H Ali Mazi SH hanya agar penyelenggaraan kegiatan bernuansa Islami ini berlangsung kondusif terhindar dari pertentangan politik. "Saya tidak bermaksud membatasi wartawan dalam mencari dan mengolah berita cuma yang kita inginkan ciptakan berita berita yang kondusif bagi terselenggaranya MTQ Nasional XXI 2006", pintanya pada acara jumpa pers pertamanya kepada para wartawan peliput kegiatan berskala nasional dengan nuansa Islami yang dimulai sejak 29 Juli hingga 5 Agustus 2006 lusa.

Jumpa pers dengan sekitar 40 wartawan peliput hampir dari seluruh Indonesia itu dilangsungkan Kamis (3/8) kemarin sambil makan siang di sebuah restaurant khas Sulawesi di Jln A Yani, Kendari. Dia berharap, para wartawan yang menjadi “mitra kerja”nya dapat memberikan gambaran positif tentang Sultra. “Melalui kegiatan penyelenggaraan MTQ Nasional ini merupakan promosi gratis untuk mengenalkan Sultra kepada 32 perutusan daerah yang datang”, ujarnya sembari menambahkan kesempoatan sepeti ini sulit untuk ditemui kembali Sementara kepada perutusan masing masing kafilah, Ali Mazi meminta kepada para wartawan untuk meminta tanggapan dan komentar mereka atas daerah Sultra berikut pelayanan yang diberikan dan sikap masyarakat Kendari khususnya terhadap para anggota kafilah.

Menanggapi keluhan wartawan tentang tidak maksimalnya keberadaan Media Centre MTQ Nasional XXI 2006 Kendari berikut kendala yang dihadapi wartawan peliput dalam melakukan liputan, Ali Mazzi yang baru mendengar keluhan tersebut langsung memerintahkan stafnya untuk mengatasi kendala yang mengakibatkan keluhan itu, antara lain memberikan sebuah mobil untuk menunjang kegiatan wartawan.Selain itu dia juga memerintahkan Kahumas Pemprov Sultra utuk melakukan koordinasi dengan petugas yang sudah ditetapkan berdasarkan SK. Yang ditugaskan melola Media Center ini selama MTQ berlangsung terdapat unsur pers daerah.Keberadaan Kahumas Pemprov sebagai juru bicara Pemda Sultra diharapkan oleh beberapa wartawan peliput terutama dari luar Kendari guna mengetahui data data tentang daerah Sultra.Terkesan sejak hari pertama hingga diselenggarakannya jumpa pers di atas koordinasi antara Humas Pemprov dengan Humas Kanwil Depag yang punya “gawi” dalam lomba seni baca Al Quran 3 tahunan ini tidak terlihat. Media Centre dengn fasilitas 6 buah komputer tersambungkan "on line" dengan internet di lengkapi dengan ruang untuk jumpa pers serta sebuah TV berikut telpon dan fax disiapkan oleh PT Telkom Kendari.

Dengan perintah langsung Gubernur Ali Mazi SH merespon permintaan para wartawan peliput tersebut diharapkan koordinasi itu terlaksana. “Kami berterima kasih kepada Gubernur karena perhatian beliau yang langsung memerintahkan stafnya untuk memberikan fasilitas angkutan berupa sebuah mobil utuk kelancaran operasional kami”, celetuk seorang wartawan daerah setempat yang mangkal di Media Center yang terletak di komplek Museum Sultra di Jln Abu Nawas Kendari.Mulai malam tadi, 20 kotak makanan sudah disuplaikan ke Media Centre dan dijanjikan akan berlangsung hingga kegiatan bverakhir. (thamrin)