Nasional

Haflah Al-Hikmah 1 Benda, Wamenag Apresiasi Kiprah Pesantren Didik para Santri

Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi di PP Al Hikmah I Benda Sirampog, Brebes

Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi di PP Al Hikmah I Benda Sirampog, Brebes

Brebes (Kemenag) --- Pondok Pesantren Al Hikmah 1 Benda Sirampog, Brebes menggelar Haflah Akhirussanah, Muwaada'ah, dan Khotmil Qur’an Bin Nadhar Wa Bil Ghaib. Haflah ini dikemas bersamaan Haul pendiri pesantren Al-Hikmah 1 yang ke-57, almukarram wal maghfurlah KH Suhaemi bin Abdul Ghoni beserta masyayikh lainnya.

Gelaran ini dihadiri Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, Syeikh Abdul Zahir Saqr Al Qary (pengajar di Masjidil Haram yang saat ini menjadi Dewan Mujiz di Markaz Ijazah Sanad Daarul Qur'an), pengasuh pesantren Daarul Qur’an Ustad Yusuf Mansur, dan Syekh Hasan Toha dari Mesir.

Tampak hadir juga, Kepala Kanwil Kemenag Jateng Mustain Ahmad, Kepala Kankemenag Brebes Fajarin, serta para santri dan alumni.

Pesantren Al-Hikmah 1 saat ini diasuh oleh KH Labib Shodiq Suhaemi. Santri pesantren yang berlokasi di salah satu sisi lereng Gunung Slamet ini jumlahnya ribuan. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengaku bersyukur bisa menghadiri Haul ke-57 KH Suhaemi bin Abdul Ghoni serta Masyayikh Al Hikmah 1. Menurutnya, haul ini menjadi momentum baginya untuk mengenang perjuangan para pendahulu pendiri pesantren bersama keluarga besar PP Al Hikmah 1.

"Mudah-mudahan kehadiran kita semua mendapat berkah. Jujur ketika mau berangkat ke Brebes, badan saya kurang sehat karena usai melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah. Namun, ketika saya masuk pesantren ini, badan saya terasa segar kembali, apalagi usai mendengar hafizh dan hafizhah, qari dan qariah melantunkan ayat suci," kata Wamen Zainut Tauhid Sa'adi, Jumat (18/3/2022).

"Atas nama Kementerian Agama, saya menyampaikan ucapan beribu terima kasih kepada para kyai dan pengasuh Pondok Pesantren Al Hikmah yang telah mendidik putra-putri kami menjadi generasi Islami dan qurani yang akan melanjutkan perjuangan para kyai serta menjadi pemimpin di masa mendatang," sambungnya.

Haul ke-57 KH Suhaemi bin Abdul Ghoni juga menampilkan parade qari-qariah nasional dan internasional, di antaranya Ustazah Mastia Lestaluhu, Ustazah Uyun, Vivi Hafidzah, Cucu Marlia, ustadz A Ruhani, dan ustadz Mas'ud Sahad.

Tausiyah diisi Pimpinan Pondok Pesantren Darul Qur'an Tangerang, Ustadz Yusuf Mansur. Usai tausiyah Ustadz Yusuf Mansur mengatakan akan memberikan bantuan 1 unit bus untuk operasional Pondok Pesantren Al Hikmah 1 yang disambut aplaus para santri.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Fadhlillah Hafizhan M

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua