Nasional

HAB ke-77, Menag: Ini Penanda Sejarah Panjang Pengabdian Kemenag Melayani Seluruh Umat

Menag Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan amat HAB ke-77 Kementerian Agama

Menag Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan amat HAB ke-77 Kementerian Agama

Jakarta (Kemenag) – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama yang jatuh pada hari ini, 3 Januari 2023 sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia.

"Pada peringatan HAB ke-77 tahun ini, saya mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat. Jadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia," ujar Gus Menteri.

Menteri Yaqut mengajak segenap keluarga besar Kementerian Agama untuk mengenal, memahami dan meresapi atau bertanya kembali mengapa dan untuk apa Kementerian Agama yang dulu bernama Departemen Agama ini dilahirkan pada 1946.

"Lalu, kita sebagai generasi penerus Kementerian Agama, sudahkah melakukan pengabdian sebagaimana khittah kelahiran Kementerian Agama atau belum?," kata Menag yang menjadi Inspektur Upacara pada Upacara HAB ke-77 di Jakarta, Selasa (3/01/2023).

Setahun yang lalu, kata Gus Men, pada Peringatan HAB ke-76 Kementerian Agama mengelorakan semangat Transformasi Layanan Umat. “Dan secara bertahap, cita bersama itu mulai terwujud dan tampak hasilnya,” katanya.

Kementerian Agama,kata Gus Men, kini telah terlihat berubah. Birokrasinya lebih lincah dan responsif. Transformasi digital mulai berjalan, salah satunya dengan kehadiran Pusaka Super Apps, aplikasi layanan Kementerian Agama.

“Beragam inovasi digital juga terus dilakukan, mulai pusat hingga daerah,” lanjutnya.

Semua itu, tambah Gus Menteri, merupakan upaya meningkatkan kualitas dan mendekatkan layanan kepada masyarakat. Lembaga pendidikan binaan Kementerian Agama juga terus berprestasi, di level nasional dan internasional.

"Bukti bahwa Kementerian Agama telah berubah, diakui dan diapresiasi oleh Kementerian/ Lembaga dan publik, kita diganjar lebih dari 22 penghargaan pada tahun 2022 lalu. Kita jaga prestasi di atas. Dan tahun ini, harus lebih baik dari tahun kemarin," tandas Menag.

Peringatan HAB k-77 ditutup dengan pembacaan doa dari perwakilan enam agama, yaitu; Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu.


Editor: Dodo Murtado
Fotografer: Romadaniel

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua