Go Global, Siswa MAN 2 Kota Malang Belajar dengan Profesor Universitas Osaka Jepang

Kota Malang (Kemenag) --- Melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi di berbagai negara menjadi harapan banyak siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang. Pihak madrasah memfasilitasi mereka dengan dua program unggulan, bimbingan intensif Toefl dan membangun jaringan luar negeri melalui MAN 2 Kota Malang Menjelajah Dunia (Madu Manja).

Dari situ, siswa MAN 2 Malang terlatih berbahasa Inggris dan banyak bertemu dengan kalangan intelektual dari berbagai perguruan tinggi ternama di dunia. Terbaru, MAN 2 Kota Malang kedatangan Profesor Hiroshi Umakoshi, Ph.D, Ketua Lab Teknik Kimia Terinspirasi Bio. (PI), Universitas Osaka, Jepang.

Kedatangan Prof Hiroshi disambut Wakil Kepala Bidang Kehumasan, Ahmad Thohir Yoga bersama unsur pimpinan. Prof Hiroshi selanjutnya berdiskusi dengan 80 peserta didik di gedung sains terpadu lantai IV MAN 2 Kota Malang.

Yoga, panggilan akrabnya, mengatakan madrasah rutin mengundang para intelektual untuk berkunjung ke MAN 2 Kota Malang. Hal itu dilakukan antara lain dalam rangka mensukseskan Program MAN 2 Kota Malang Menjelajah Dunia, sekaligus menjembatani para siswa untuk bisa “Go Global”, studi lanjut di berbagai perguruan tinggi luar negeri. 

“Kehadiran Profesor Hiroshi Umakoshi, sebenarnya dalam rangka menjadi pembicara kuliah tamu pada forum World Profesor di Universitas Negeri Malang,” terang Yoga, panggilan akrabnya, di Kota Malang, Sabtu (1/10/2022). 

“Oleh Profesor Hadi Nur dari Universitas Negeri Malang, diberi disambungkan ke MAN 2 Kota Malang sebagai salah satu lembaga pendidikan terbaik di Indonesia agar alumninya lebih banyak lagi yang bisa studi lanjut ke luar negeri,” sambungnya.

Yoga berharap ke depan terjalin MoU antara MAN 2 Kota Malang, Osaka University, dan juga Universitas Negeri Malang. Nota kesepahaman itu diharapkan dapat membuka kerja sama program kolaborasi studi lanjut bagi siswa MAN 2 Kota Malang di Osaka University. 

“Alhamdulillah, MAN 2 Kota Malang adalah salah satu dari 20 SMA terbaik di Indonesia yang sangat diakui sebagai salah satu SMA terbaik di Indonesia dalam bidang Olimpiade dan Riset Sains Nasional dan Internasional di beberapa tahun terakhir ini. Dalam rangka Go Global, kami telah bekerja untuk membangun dan memperluas kemitraan pendidikan internasional dengan sekolah dan universitas di seluruh dunia,” jelas Yoga. 

“Kami sangat tertarik untuk bekerja sama dengan Osaka University untuk memberikan akses informasi bagi siswa dan komunitas sekolah terkait dengan studi lanjut siswa, dan saat ini ada dua alumni kami yang telah menyelesaikan gelar sarjana dan PhD di Universitas Osaka,” sambungnya.

Yoga menambahkan bahwa MAN 2 Kota Malang terus mengembangkan program unggulan Toefl dan Madu Manja. Perkembangan kemampuan siswa MAN 2 Kota Malang dalam berbahasa Inggris dan bahasa asing lainya terus dimonitor. Hal ini penting karena beberapa perguruan tinggi sekarang menggunakan Sertifikat Toefl sebagai salah satu persyaratan saat akan mendaftar. 

“Test Toefl ini sangat penting untuk dilakukan sebagai bahan latihan sejauh mana kemajuan peserta didik madrasah terhadap pembelajaran bahasa Inggris yang selama ini didapat di mata pelajaranya,” ujar Yoga.

Profesor Hiroshi Umakoshi dalam kesempatan itu menjelaskan profil kampusnya kepada para siswa MAN 2 Kota Malang. Dia menyampaikan bahwa Osaka University memiliki banyak keunggulan yang  menarik minat masyarakat dunia kuliah di kampus ini. Mahasiswa asal Indonesia termasuk paling banyak. 

“Osaka University adalah salah satu universitas paling bergengsi di Jepang. Kampus ini memiliki banyak sekali keunggulan yang ditawarkan baik untuk mahasiswa dari dalam maupun luar negeri. Perguruan Tinggi ini juga ditunjang dengan banyak fasilitas yang membuatnya masuk dalam jajaran universitas terbaik di dunia,” paparnya. 

“Semua hal yang dimiliki oleh universitas ini pastinya memiliki kualitas terbaik, mulai dari tempat pembelajaran, kualitas SDM nya, sampai kualitas alumni yang ada. Hal inilah yang membuat peserta didik di Indonesia banyak yang berminat kuliah di sini” tandasnya. (Tim Humas)