Gelaran MTQN Mataram Akan Catat Dua Rekor MURI

Mataram (Pinmas) --- Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional ke XXVI akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo pada Minggu (30/07) yang akan datang. Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemprov NTB Wirajaya Kusuma mengatakan bahwa panitia MTQN sudah melakukan persiapan untuk mensukseskan dan memeriahkan gelaran dua tahunan ini, termasuk dengan pencatatan rekor MURI.

"Rabu, 27 Juli 2016, jam 07.30 - 14.00, di depan pendopo Gubernur akan diadakan Sema’an dan khataman Al-Qur'an oleh 1.000 penghafal Al-Qur'an dan dipimpin langsung oleh Gubernur NTB yang juga seorang penghafal Al-Qur'an. Kegiatan ini akan dicatatkan dalam rekor MURI," demikian penjelasan Wira melalui rilis yang diterima Pinmas, Selasa (26/07).

Rekor MURI juga akan dicatatkan untuk kegiatan pembacaan Barzanji (asyraqalan) massal yang akan diikuti 5.000 peserta dari unsur Aparatur Sipil Negara (ASN), pelajar, remaja masjid se-Kota Mataram, dan santri putera Pondok Pesantren se-Lombok. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada Kamis (28/07) mulai pukul 15.30 dan mengambil tempat di sepanjang jalan Langko dan Pejanggik Kota Mataram. "Mereka akan mengenakan baju putih, kain sarung, dan peci putih," jelasnya.

Sehari sebelum pembukaan, Jumat (29/07), Kota Mataram juga akan dimeriahkan dengan pawai ta’aruf dan mobil hias. Pawai ini diikuti masing-masing kafilah dari seluruh Indonesia, serta para pelajar dan masyarakat sekitar. Menurut Wira, diperkirakan 10.000 orang akan ikut meramaikan pawai yang akan berlangsung pada pukul 14.00 di sepanjang jalan Langko dan Pejanggik Kota Mataram.

"Malam sabtu, diadakan malam ta'aruf semua kafilah se Indonesia bersama Gubernur dan Walikota Mataram di Pendopo Gubernur," ujarnya.

Pelantikan dewan hakim akan dilakukan pada Sabtu (30/07) pagi di Hotel Golden Palace Mataram. Ajang MTQ N sendiri akan berlangsung dari 31 Juli - 5 Agustus 2016 di 11 arena yang telah disiapkan oleh panitia. "MTQ rencananya akan ditutup oleh Wakil Presiden Yusuf Kalla pada Minggu, 6 Agustus 2016," katanya.

"Mari Sukseskan MTQ Nasional di NTB dengan menjadi tuan rumah yang ramah dan baik," harapnya. (mcmtqn/mkd/mkd)