Gelar Budaya PWN PTK, Pramuka IAIN Takengon Usung Tradisi Gayo 

Palembang (Kemenag) --- Gelar Budaya menandai segera dimulainya ajang Pramuka Wirakarya Nasional (PWN) Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) tahun 2021 di Palembang. Even ini akan dibuka Menag Yaqut Cholil Qoumas pada Kamis, 11 November 2021.

Dalam kondisi pandemi Covid-19, ajang pramuka mahasiswa PTK ini digelar secara hybrid, daring dan luring. Sejumlah Tim Pramuka yang akan mengikuti acara secara luring, hari ini sudah mulai berdatangan di venue, kampus UIN Raden Fatah Palembang.

Salah satunya adalah Tim Pramuka asal IAIN Takengon. “Pada acara pagelaran budaya hari ini, kita tunjukan melalui mahasiswa UKK (Unit Kegiatan Khusus) Pramuka bahwa masyarakat Gayo memiliki budaya dengan nilai seni sarat muatan etik, estetik, spritual tinggi yang telah teruji dalam bingkai NKRI,” terang Rektor IAIN Takengon Zulkarnain saat menyapa tim pramukanya jelang mengikuti gelar budaya di UIN Raden Fatah Palembang, Rabu (10/11/2021). 

“Alam Gayo yang berada di wilayah tengah Aceh terkenal sangat subur. Alamnya berupa perbukitan. Masyarakat umumnya menjadi petani kopi dan menghasilkan kopi Gayo yang dikenal bercita rasa tinggi.  Mari perkenalkan budaya kita. Salam pramuka. Tepuk pramuka,” pekik Zulkarnain memotivasi timnya.

Sebelumnya, Wakil Rektor bidang Akademik, Kemahasiswaan, Kelembagaan, dan Kerjasama Almusanna mengatakan bahwa UKK Pramuka IAIN Takengon dibagi dua tim dalam PWN PTK 2021. Sebagian mengikuti secara luring di UIN Raden Fatah Palembang. Sebagian lagi mengikuti secara daring dari Kampus IAIN Takengon. 

“Tim Pramuka yang akan mengikuti PWN PTK secara luring sudah tiba di Palembang sejak 9 November 2021. Mereka akan mengikuti sejumlah kegiatan yang telah disusun oleh panitia,” tandasnya.