Nasional

Gelar Apel Senin Pagi, Sekjen: Tingkatkan Rasa Kebangsaan dan Cinta Tanah Air

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nizal Ali pimpin Apel Perdana setiap Senen pagi, di Jakarta (10/1).

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nizal Ali pimpin Apel Perdana setiap Senen pagi, di Jakarta (10/1).

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama meminta jajarannya, pusat dan daerah, untuk menggelar kegiatan apel pagi setiap hari Senin. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Sekjen Kemenag Nomor SE. 01 Tahun 2022 tentang Apel Pagi bagi Pegawai Aparatur Negara Kementerian Agama tertanggal 7 Januari 2022.

Imbauan ini menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor B/403/M.KT.02/2021, tentang Imbauan Pelaksanaan Apel Pagi di lingkungan Instansi Pemerintah.

Apel pagi di halaman kantor Kementerian Agama dipimpin Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Niza Ali. Dalam sambutannya, Nizar menegaskan bahwa apel akan terus digelar setiap Senin pagi sebagai wujud ketaatan dan komitmen bersama.

Menurut Nizar, pelaksanaan apel pagi ini penting untuk menumbuhkan, memelihara, dan meningkatkan rasa kebangsaan serta cinta tanah air. “Ini bagian upaya meningkatkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Ini juga menjadi wujud pengabdian terhadap negara dan rakyat Indonesia serta ketaatan terhadap ideologi Pancasila dan UUD 1945,” ujarnya di Jakarta, Senin (10/1/2022).

“Apel pagi juga bisa menjadi wahana pertemuan bersama antar pegawai sebelum memulai aktivitas pekerjaan," sambungnya.

Nizar menambahkan, setahun di bawah kepemimpinan Menag Yaqut Cholil Qoumas, ada sejumlah capaian yang telah diraih, yaitu:

a. Indeks Kesalehan Umat Beragama naik dari 82,52% (2020) menjadi 83,92% (2021)
b. Indeks Kerukunan Umat Beragama naik dari 67,36% (2020) menjadi 72,39% (2021),
c. Indeks Kepuasan Layanan Kantor Urusan Agama naik dari 77,28% (2019) menjadi 78,90% (2021), tahun 2020 tidak dilakukan survei,
d. Capaian Laporan Keuangan Kementerian Agama tahun 2021 adalah WTP. Ini kali kelima sejak 2017,
e. Nilai Reformasi Birokrasi Beragama tahun 2020 75,32%. Tahun 2021, diharapkan naik, masih menunggu info dari Kemenpan dan RB.

Hari Amal Bhakti ke-76 Kementerian Agama mengusung tema “Transformasi Layanan Umat”. Sekjen minta tema ini bisa diterjemahkan seluruh jajaran Kementerian Agama dalam bentuk aksi nyata dalam menjawab tantangan pelayan.

Transformasi layanan meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Pelaksanaan apel dilakukan secaa fisik dan virtual, dengan memperhatikan jumlah peserta, jarak aman, protokok kesehatan dan perkembangan kasus Covid-19 di masing-masing wilayah satuan kerja. Apel diikuti pejabat dan pegawai baik yang melaksanakan tugas kedinasan di kantor (work from office) maupun yang melaksanakan tugas dari rumah (work from home).


Fotografer: Sugito

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua