Gagas Kantin Halal, Kepala BPJPH Apresiasi Kanwil Kemenag Lampung

Bandar Lampung (Kemenag) --- Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) Muhammad Aqil Irham mengapresiasi Kanwil Kemenag Provinsi Lampung yang sedang menggagas Kantin Halal. 

Hal ini disampaikan Aqil saat menyampaikan Pembinaan Percepatan Sertifikasi Halal dan Kantin Halal di Aula Sai Batin, Kanwil Kemenag Lampung, Bandar Lampung. 

"Saya mengapresiasi upaya ini. Saya berharap jajaran Kanwil Kemenag se-Provinsi Lampung bisa bersinergi dengan Kepala Daerah masing-masing untuk mengkampanyekan kantin halal," ujar Aqil Irham, Rabu (6/7/2022). 

Aqil yang saat ini juga menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Jenderal Kemenag menuturkan kantin halal  ini dapat menjadi contoh nyata keterlibatan unsur Kemenag dalam melakukan penguatan ekonomi nasional. 

“Upayakan kantin kita sudah bersertifikat halal, supaya nantinya bisa bekerjasama dengan dinas terkait untuk membantu pembiayaan UMK. Agar mereka bisa kompetitif dan naik kelas," ujar Aqil. 

Menurut Aqil, sertifikasi halal bukan saja mengenai ketaatan terhadap agama, pengamalan agama, atau etika. Tetapi sertifikasi halal itu berkaitan dengan standar mutu, kualitas, dan higienitas.

“Artinya, kalau sudah ada sertifikasi halal pada suatu brand menandakan bahwa produk itu bersih, sehat, dan terjamin mutunya. Maka, sertifikat halal juga berhubungan dengan market, nilai ekonomi, keuangan, dan soal bisnis besar,” bebernya.

Ia juga menambahkan, untuk mendukung terwujudnya Kanti Halal, BPJPH telah mengeluarkan pedoman Bimbingan Teknis (Bimtek) Kantin Halal. "Mari kita mengkampanyekan sertifikasi halal di daerah kita masing-masing,” ajaknya.

Senada dengan Aqil, Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung Puji Raharjo berharap para ASN dapat menjadi duta untuk mengkampanyekan Jaminan Produk Halal. "Saya ingin pada kita semua dapat menjadi duta BPJPH di Provinsi Lampung. Idealnya Pegawai Kemenag minimal bisa menunjukkan atau memberitahu tentang halal.go.id,” katanya.

Puji Raharjo menyampaikan bahwa pihaknya menghadirkan seluruh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten / Kota serta Kepala MIN, MTsN, dan MAN se-Provinsi Lampung untuk menjadi ambassador atau duta BPJPH bagi satuannya masing-masing.

Kakanwil menuturkan, adanya Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 menunjukkan bahwa negara hadir dan melindungi masyarakat akan tersedianya produk halal.

“Yang hadir ini telah kami siapkan untuk kantin halal, dalam rangka mengedukasi anak-anak didik kita agar sadar halal sejak bangku sekolah. Supaya mereka pada jenjang pendidikan selanjutnya dapat menjadi duta halal dimanapun berada,” ungkapnya.