Daerah

Gabung di Sahabat Madrasah, MTsN 2 Pati Mulai Panen Prestasi

Kepala MTs N 1 Pati dan sahabat  MTs N 2 Pati

Kepala MTs N 1 Pati dan sahabat MTs N 2 Pati

Pati (Kemenag) --- Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Pati menjadi salah satu madrasah yang ikut bergabung dalam program Sahabat Madrasah. Ini adalah program pembinaan yang dikembangkan oleh MTsN 1 Pati.

Sebagai madrasah yang sudah cukup banyak meraih prestasi, MTsN 1 Pati memberikan pembinaan sejumlah lembaga pendidikan dalam program Sahabat Madrasah. Hasilnya, MTsN 2 Pati yang tergabung sebagai Sahabat Madrasah ke-15 mulai panen prestasi.

Kepala MTsN 2 Pati, Zaenal Arifin mengatakan suntikan semangat dan sharing pengalaman dari MTsN 1 Pati telah memberikan dampak positif bagi perkembangan prestasi siswanya. Hal itu dibuktikan dengan raihan medali pada Kompetisi Bahasa Indonesia tingkat nasional. "Alhamdulillah, 27 medali langsung kami boyong. Ini tidak lepas berkat semangat yang kami peroleh dari MTsN 1 Pati setelah menjadi sahabat madrasah," ungkapnya di Pati, Jumat (7/10/2022).

Raihan itu terdiri atas satu emas, sepuluh perak, dan enam belas perunggu. Zaenal, panggilan akrabnya, bersyukur atas capaian ini. Dia mengaku MTsN 2 Pati masih membutuhkan arahan dan bimbingan dari madrasah pembinanya. "Untuk mengikuti jejak MTsN 1 Pati dan mengejar ketertinggalan MTsN 2 Pati, tentunya kami masih memerlukan bimbingan dan arahan dari madrasah pembina kami," ujarnya.

Terpisah, Kepala MTsN 1 Pati Ali Musyafak mengatakan pihaknya terus berupaya mengembangkan sayapnya dalam program Sahabat Madrasah. Tercatat hingga 6 Oktober 2022, madrasah yang memiliki jargon madrasah berkarakter, unggul, mendunia, dan keren ini telah memiliki 15 Sahabat Madrasah yang tersebar di wilayah Pati, Rembang, Jepara, dan Sulawesi Utara.

Ali Musyafak mengapresiasi prestasi yang mulai diraih MTsN 2 Pati. Menurutnya, prestasi dapat diraih ketika ada kemauan untuk memulai. "Kata kuncinya adalah mau memulai. Mulai bergerak melangkah dan mengubah, Insya Allah hasil yang kita dapat tidak butuh waktu lama," ujar Syafak.

Syafak melihat, sebagai madrasah binaan baru, MTsN 2 Pati memiliki semangat yang tinggi untuk berprestasi. Ia berharap, hal tersebut dapat menular kepada sahabat madrasah MTsN 1 Pati lainnya sehingga akan membawa kemajuan bagi madrasah masing-masing.

"Harapan kami semangat berprestasi MTsN 2 Pati ini bisa menular ke sahabat madrasah lainnya, yang pada akhirnya akan membawa kemajuan bagi madrasah itu sendiri," tandasnya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua