Nasional

Empat Tim Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia OKI Masuk Final FIKSI Nasional

Tim FIKSI MAN Insan Cendekia OKI

Tim FIKSI MAN Insan Cendekia OKI

Kayuagung (Kemenag) --- Empat tim peserta didik Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Ogan Komering Ilir (OKI) lolos babak final Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tingat nasional tahun 2022.

FIKSI diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kemendikbud. Para finalis diumumkan melalui Surat Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kemendikbud Nomor 0622/J7.1/PN.03/2022, hal: Pengumumman Finalis FIKSI Jenjang SMA/MA Tahun 2022.

Empat tim MAN Insan Cendekia OKI masuk 100 besar finalis dari 6 bidang yang dilombakan, dengan data sebagai berikut:

1. Tim I: Rencana Usaha Bidang Kriya dengan Produk GRANEPO (Amania Putri Izzatuna dan Afifa Aprilia)

2. Tim II: Rencana Usaha Bidang FASHION dengan Produk N.A.G BY YANGVIS (Ainun Nisa Hanifah)

3. Tim III: Rencana Usaha Bidang BOGA dengan Produk WERONI atau Wedang Ronde Warna Warni (Rohmawan Mujadah Wijayanta dan Ellaya Sausamaya)

4. Tim IV: Bisnis Berjalan Bidang Boga dengan Produk OTTEI OKANE (Nurul Padilah Absuhalini dan Azahra Oktarizka)

Ajang ini sebelumnya diikuti 1.533 (tim) rencana bisnis hingga terpilih 100 tim. Sesuai ketentuan dalam petunjuk teknis FIKSI jenjang SMA/MA Tahun 2022, 100 tim yang dinyatakan lolos wajib melengkapi materi yang akan digunakan pada expo dan seleksi tingkat nasional.

Pembimbing FIKSI MAN IC OKI, Neng Saadah mengatakan bahwa hasil ini merupakan challenge bagi dirinya dan tim. “Challenge ya, karena tahun lalu kita juara. Jadi harus lebih keras lagi berusaha agar bisa jadi juara lagi,” ungkap Neng, di OKI, Jumat (16/9/2022).

Tahun 2021, tim FIKSI MAN IC OKI berhasil meraih medali perak bidang boga dengan inovasi MASWIT Cikarsa, jamur crispy dari jamur sawit yang enak. Inovasi ini sudah lolos uji laboratorium, dan didaftarkan pada BPOM.

Neng menambahkan, keempat tim yang dibimbingnya tahun ini telah memproduksi inovasi dan kewirasahaannya. Tim GRANEPO telah memproduksi tas yang berbahan dasar (tikar) purun, Tim N.A.G membuat produk konveksi “baju kodok”, Tim WERONI memproduksi Wedang Jahe Warna-warni dengan jahe asli dari Kabupaten Lahat, dan Tim OTTEI OKANE membuat makanan ringan berbahan dasar biji teratai.

"Nantinya, masing-masing bidang akan menyiapkan produk terbaiknya untuk dipresentasikan, dinilai, dan dipamerkan dalam rangkaian FIKSI tahun 2022," ujarnya.

Kepala MAN Insan Cendekia OKI, H. Kiagus Faisal menyampaikan dukungan madrasah terhadap tim FIKSI. "Madrasah siap mendukung FIKSI ini. Produk inovatif ini juga bagian dari inovasi madrasah kita yang terus berinovasi dan visioner,” ungkap Faisal.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua