Embarkasi Jakarta Berangkatkan Jemaah Gelombang II

Jakarta, 29/11 (Pinmas) - Pemberangkatan jamaah haji embarkasi Pondok Gede Jakarta sudah memasuki gelombang II. Para tamu Allah ini selepas dari bandara Soekarno-Hatta akan mendarat di bandara King Abdul Azis Jeddah, lalu menuju kota suci Makkah untuk melakukan ibadah umrah. Beberapa hari kemudian mereka menuju padang Arafah memulai prosesi ibadah haji. “Kami mengimbau mereka agar berpakaian ihram begitu berangkat dari asrama haji,” kata Ketua I PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) embarkasi Jakarta Drs H. Rusly Wolman di Jakarta, Kamis (29/11). Sementara sampai hari ini, seluruh calhaj Gelombang I yang telah diberangkatkan adalah sebanyak 10.768 orang dari 24 kloter.

“Mulai kloter 25 termasuk gelombang II, jamaah haji langsung menuju Makkah. Dan bagi yang belum mau memakai pakaian ihram di tanah air, kami imbau agar pakaian ihramnya jangan dimasukkan kedalam koper yang besar,” ujar Rusly. Jika Gelombang I yang berjumlah 24 kloter mendarat di Madinah, Gelombang II sebanyak 25 kloter akan mendarat di Jeddah. Ia mengatakan, sebanyak 24 kloter yang telah diberangkatkan itu berasal dari wilayah DKI Jakarta dan Banten. Embarkasi Pondok Gede Jakarta menerima calhaj dari DKI Jakarta, Banten, dan Lampung.

Setiap kloter didampingi oleh satu orang petugas Tim Pelaksana Haji Indonesia (TPHI), satu orang petugas Tim Pelaksana Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), dan tiga orang petugas Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) yang terdiri dari seorang dokter dan dua tenaga medis lainnya. Secara keseluruhan, Embarkasi Pondok Gede Jakarta dibagi menjadi dua gelombang dan direncanakan akan memberangkatkan 49 kloter atau 22.309 orang yang terdiri dari 7.278 calhaj dari DKI, 6.243 calhaj dari Lampung, 8.521 calhaj dari Banten, 245 petugas kloter, dan delapan petugas nonkloter. Jadwal pemberangkatan Embarkasi Pondok Gede Jakarta dari Bandara Soekarno-Hatta dimulai dari 17 Nopember hingga 13 Desember 2007.

Sedangkan jadwal pemulangan atau tiba di Indonesia pada debarkasi tersebut mulai 26 Desember 2007 hingga 21 Januari 2008. Seluruh calhaj dari Embarkasi Pondok Gede Jakarta akan diberangkatkan dan dipulangkan dari Tanah Suci dengan menggunakan pesawat terbang Garuda Airlines. Terkait pelayanan jamaah haji di asrama haji Pondok Gede, Rusly Wolman yang juga Kepala Pengelola asrama ini mengatakan, sejauh ini berjalan lancer, tidak ditemukan masalah yang berarti. “Fasilitas cukup baik, ruang ber AC, sampai hari ini tidak ada keluhan dari jamaah,” katanya. (ks)