Daerah

Dua Prodi UIN Batusangkar Terakreditasi Unggul dari LAMDIK

Univeristas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar

Univeristas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar

Batusangkar (Kemenag) --- Dua program studi (prodi) Univeristas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar terakreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).

Akreditasi Unggul itu diberikan kepada program studi S.1 Pendidikan Agama Islam (PAI) berdasarkan Surat Keputusan nomor: 64/SK/LAMDIK/Ak/S/I/2023 dan program studi S.1 Pendidikan Bahasa Arab (PBA) berdasarkan surat keputusan nomor: 43/SK/LAMDIK/Ak/S/I/2023 tertanggal 04 Januari 2023.

"Alhamdulillah, mengawali tahun baru 2023, UIN Mahmud Yunus Batsangkar mendapat kado istimewa, dua program studi kita terakreditasi unggul yang sebelumnnya Terakeditasi A dari BAN-PT. Ini sebuah pencapaian yang luar biasa," ujar Rektor UIN MY Batusangkar, Prof. Marjoni Imamora, di Gedung Rektorat, Rabu (4/1/2023).

"Terima kasih kepada dekan FTIK beserta jajaran, ketua program studi PAI & PBA, LPM, GPM, stakeholder, alumni, mahasiswa dan terima kasih kepada warga kampus atas support dan do'anya," sambungnya.

Menurut pria kelahiran Padang Pariaman ini, akredetasi dua prodi tersebut tidak terlepas dari peran para dosen dan asesor internal yang selama ini aktif memberikan dukungan dan dokumentasi yang kemudian direspon secara positif.

"Perolehan Akreditasi Unggul ini adalah awal untuk semakin semangat dalam mengembangkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya PTKIN. Tentu ini bukan menjadi tujuan akhir, namun menjadi pijakan/motivasi bagi kami untuk mengembangkan dunia pendidikan dalam mencerdaskan generasi bangsa. Hal ini karena didasari prinsip bahwa kita harus terus berkembang dan berinovasi,” jelasnya.

Saat ini, UIN Mahmud Yunus Batusangkar sudah mengantongi delapan prodi dengan Akreditasi Unggul/A dari LAMDIK dan BAN-PT. Lima prodi berada pada Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK), yakni: Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Tadris/Pendidikan Bahasa Inggris (TBI), Tadris/Pendidikan Fisika (TFIS), dan Manajemen Pendidikan Islam (MPI).

Dua prodi ada di Fakultas Syariah, yakni Hukum Ekonomi Syariah (HES) dan Hukum Keluarga Islam/Ahwal Syakhshiyyah (AS). Satu prodi ada di Fakultas Ekomoni dan Bisnis Islam (FEBI) yakni Perbankan Syariah.

"Insya Allah di tahun 2023, UIN Mahmud Yunus Batusangkar menargetkan menjadi dua puluh program studi yang terakreditasi unggul, yang akan tersebar di semua fakultas. Kami berkomitmen untuk secara berkelanjutan meningkatkan penjaminan mutu pelayanan pendidikan. Kita akan tetap menjaga semangat dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi," tutupnya. (dn/hm)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua