Nasional

DPR Belum Mau Menilai Penyelengaraan Haji

Mekkah, 26/12 (Pinmas) - Tim Pemantau DPR menemukan sejumlah masalah dalam penyelenggaraan haji musim ini. Namun, DPR tidak mau memberi penilaian terhadap kinerja Departemen Agama. Sebab pemantauan yang dilakukan belum selesai. Menurut Ketua Tim Pemantau DPR Asrul Azwar di ruang Media Center Haji (MCH) Mekah, kemarin, Tim yang beranggotakan 21 orang dari berbagai fraksi ini akan memantau di lima bidang.

Yakni, perumahan, transportasi, kesehatan, katering Arafah Mina (Armina), dan pengembalian selisih uang sewa perumahan. Hari ini, sambung Asrul, semua anggota Tim, termasuk tim panitia khusus (pansus) revisi Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1999 Tentang Penyelenggaraan Haji, akan mendatangi 227 perumahan yang disewa oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Arab Saudi, untuk mengetahui secara pasti permasalahan yang ada di perumahan, transportasi bis, pengembalian selisih sewa perumahan, dan kesehatan. Sementara untuk katering di Armina akan ditinjau saat pelaksanaan 29 Desember 2006-2 Januari 2007 (9-13 Dzulhijjah).

“Semua temuan Tim Pemantau akan menjadi masukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap jemaah musim haji 2007/2008 dan sebagai pertimbangan untuk menetapkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahun mendatang,” jelas anggota dewan dari Fraksi PPP ini.“Saat ini kita belum bisa menyimpulkan hasil temuan. Kita berprasangka baik khusnudzan saja pada pemerintah. Ini Tanah Haram tidak boleh berprasangka buruk.” (MCH/Ims)

Tags:

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua