Nasional

Ditjen PHU dan KBIHU Perkuat Sinergi Manasik Haji dan Umrah

Jakarta (Kemenag) --- Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi hari ini menerima kunjungan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (DPP FK KBIHU).

Hadir, Ketua FK KBIHU Qasim Saleh, Ketua Dewan Pembina Cepi Supriatna, serta Ketua Kompartemen Sunija, Agus Salim. Ikut dalam pertemuan ini, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim, Direktur Pengelolaan Dana Haji Maman Saefullah, dan Kasubdit Bimbingan Ibadah Arsyad Hidayat.

Pertemuan yang berlangsung di ruang rapat Ditjen PHU ini antara lain mendiskusikan tentang peningkatan sinergi dalam pembinaan manasik haji dan umrah. "Kami berkomitmen untuk bersama FK KBIHU meningkatkan kerjasama dalam penguatan manasik haji dan umrah bagi jemaah," jelas Khoirizi di Jakarta, Selasa (16/3/2021).

"Penguatan sinergi ini penting, terutama dalam merespon kondisi pandemi Covid-19," sambungnya.

Ke depan, ujar Khoirizi, kedua belah pihak akan membahas bersama materi manasik haji dan umrah pada masa pandemik. Harapannya, materi tersebut bisa disusun secara lebih sistematis agar bisa meningkatkan pemahamaan jemaah terkait manasik haji dan umrah di masa pandemi.

Khoirizi menambahkan, pertemuan ini juga membahas upaya mengintensifkan sosialisasi pelaksanaan vaksinasi bagi calon jemaah dan petugas haji. Kemenag telah menyerahkan sekitar daftar nama 160ribu jemaah haji reguler dan 14ribu jemaah haji khusus kepada Kemenkes untuk dilakukan proses vaksinasi Covid-19.

"Sembari menunggu informasi pelaksanaan vaksinasi dari Kemenkes, kami imbau jemaah untuk menjaga kesehatannya," terang Khoirizi.

Pertemuan ini juga menjadi ajang untuk mengklarifikasi informasi seputar penyelenggaraan haji 1442H. Kepada FK KBIHU, Khoirizi menegaskan bahwa sampai saat ini belum ada informasi resmi dari Pemerintah Saudi terkait kepastian pemberangkatan jemaah pada penyelenggaraan haji 2021.

"Belum ada info resmi. Saudi masih melakukan kajian dan persiapan," tandasnya.

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua