Internasional

Desain Inovasi Startup UIN Walisongo Wakili Indonesia pada Kompetisi di Turki

Tim UIN Walisongo

Tim UIN Walisongo

Semarang (Kemenag) --- Desain Inovasi Startup Platform karya dua mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo akan mewakili Indonesia pada ajang 1Idea1World yang diadakan oleh TUMMIAD (Turki Inventors Association) di Istanbul Turki. Kedua mahasiswa tersebut adalah Khoirul Adib (Teknologi Informasi – Fakultas Sains dan Tekologi) dan Nur Fatimah (Biologi – Fakultas Sains dan Tekologi).

1Idea1World akan berlangsung pada 16-17 Mei 2022. 1Idea1World merupakan kompetisi dan expo konsep maupun Ide Startup di dunia. Ajang ini diikuti mahasiswa dari berbagai negara di dunia. Sebelum mengikuti kompetisi ke Turki, Khoirul Adib dan Nur Fatimah harus melewati babak seleksi antar mahasiswa seluruh Indonesia yang diadakan April 2022.

Konsep Startup yang diusung mahasiswa UIN Walisongo adalah platfrom Santri Academy. Yaitu, platform pembelajaran yang berfokus pada pendidikan agama Islam. Platfrom ini diciptakan guna memberikan solusi bagi seseorang yang ingin belajar pendidikan agama Islam, misalnya: membaca Al-Qur’an, Bahasa Arab, Baca Kitab, dan lainnya. Platfrom ini dikemas menarik dengan dilengkapi video pembelajaran. Ke depan, inivasi ini akan dilengkapi teknologi canggih seperti Artificial Intelegence.

“Platform ini bukan hanya berisi pembelajaran di bidang agama Islam saja, namun dilengkapi dengan pembelajaran life skills, sehingga harapannya dapat menjadi modal bagi para generasi muda untuk mengembangan potensinya,” ujar Khoirul Adib di Semarang, Jumat (13/5/2022).

Bukan hanya soal konsep kecanggihan platform, lanjut Adib, Santri Academy akan hadir dengan menggunakan metode ala pesantren sehingga ke-ilmuan akan bersanad. “Dengan hadirnya Platform ini, semoga bisa menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran agama Islam, sehingga memudahkan orang untuk belajar dengan tanpa khawatir keaslian ilmu yang didapat,” tuturnya.

Dalam ajang ini, kedua mahasiswa tersebut akan mempresentasikan sekaligus memamerkan konsep Startup Platform Santri Academy di ajang 1Idea1World. Selain itu mereka juga akan mengikuti Student Mobility antar Kampus yang ada di Istanbul pada 18-19 Mei 2022. Mereka akan mempresentasikan dan sharing bagaimana konsep ekosistem inovasi yang ada dikampus UIN Walisongo.

Dekan Fakultas Sains dan Tekologi, Ismail, mengapresiasi prestasi dan inovasi dua mahasiswanya. “Kami berharap dengan lolosnya Adib dan Fatimah ke ajang Kompetisi Internasional di Turki bisa membawa nama harum bangsa Indonesia dengan pulang membawa medali. Selain itu, juga menjadi penyemangat bagi mahasiswa lainya,” ungkapnya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua