Depag Grobogan Siapkan Sekolah Unggulan

Grobogan, 4/7 ( Pinmas ) - Kantor Departemen Agama (Kandepag) Kabupaten Grobogan saat ini tengah membahas rencana pembentukan sekolah unggulan tingkatan pertama atau Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan sekolah lanjutan atas atau Madrasah Aliyah (MA) Kepala Kandepag Grobogan Drs. HA Umar, MA di Grobogan, Selasa, mengatakan,  pembentukan sekolah unggulan itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas dan berakhlak tinggi, sehingga kepintaran akan dipakai untuk kemaslahatan umat.     

Ia menyatakan, rencana pembentukan sekolah unggulan itu mendapat sambutan yang positif dari berbagai pihak, dan saat ini, pihaknya bekerja sama dengan para guru untuk mendata MTs serta MA mana saja yang bagus sehingga tingkat kelulusan mendekati 100 persen.        MTs dan MA  unggulan tersebut akan menerapkan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dengan mendasarkan pada tiga bidang  kompetensi dasar keagamaan, pengembangan akademis, dan pengembangan potensi daerah.        

Kurikulum yang berbasis tiga kompetensi tersebut, kata dia,  tengah dipersiapkan dan diharapkan tahun 2007 sudah bisa direalisasikan sehingga bisa membentuk MTs dan MA unggulan.        Dalam kesempatan itu, ia juga menjelaskan dari hasil ujian MTs di Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2005/2006 ini cukup menggembirakan, untuk MTS Negeri yang tidak lulus hanya delapan siswa, sedang Madrazah Aliyah (MA) Negeri tidak lulus 69 siswa.       

Untuk itu, ia berharap, dengan keberhasilan pendidikan baik di tingkat Mts maupun MA di Kabupaten Grobogan ini, akan mampu memacu para siswa lebih meningkatkan kemampuannya untuk mengikuti proses belajar-mengajar dengan baik dan disiplin, sehingga nantinya menghasilkan lulusan yang lebih baik lagi.(Ant/Myd)