Nasional

Depag Gelar Kongres Forum Kerukunan Umat Beragama

Jakarta, 3/12 (Pinmas) - Departemen Agama akan menyelenggarakan kongres Forum Kerukunan Umat Beragama pada 6-10 Desember 2007 mendatang di Cipanas, Jawa Barat. Acara ini akan dibuka Menteri Agama Muhammad Maftuh Basyuni, demikian disampaikan Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama, Drs H. Abdul Fatah. Kongres yang akan diikuti oleh pengurus FKUB tingkat provinsi bertujuan untuk menyamakan visi forum tentang masalah yang terkait dengan kerukunan umat beragama.

“Saat ini FKUB sudah terbentuk di 33 provinsi dan 210 FKUB tingkat kabupaten/ kota,” kata Fatah di Jakarta, baru-baru ini. Lebih lanjut Abdul Fatah menjelaskan, kongres yang akan diikuti 500 peserta juga mengundang para tokoh agama tingkat pusat.

“Akan berbicara pada acara itu KH Ma’ruf Amin, Prof Atho Mudzhar, Dirjen Kesbang Depdagri, dan lain lain,” jelasnya. Menurut dia, kongres ini juga akan megimplementasikan landasan munculnya Peraturan Bersama Menteri (PBM) tahun 2006 tentang pedoman pelaksanaan tugas kepala daerah/ wakil kepala daerah dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama, pemberdayaan forum kerukunan umat beragama, dan pendirian rumah ibadat. “Pada kongres nanti yang dibahas bukan hanya bagiamana memberdayakan FKUB mengatasi masalah agama, tapi juga mengenai sosial dan kemanusiaan,” imbuhnya.

Dikatakan pula, di tanah air kita masalah kerukunan umat beragama merupakan masalah yang penting bagi terciptanya kehidupan umat beragama yang harmonis, sehingga masing-masing umat beragama dapat menunaikan ibadahnya dengan yang aman dan tenang. Fatah juga menambahkan, pada waktu yang sama Pusat Kerukunan Umat Beragama menyelenggarakan sosialisasi tentang peraturan administrasi bagi kalangan penganut agama Kong Hu Cu. “Hanya waktunya saja yang sama, tapi tempat, pembicara dan pesertanya beda,” kata Fatah. (ks)

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua