Nasional

Denpasar dan Bandung Dominasi Juara

Denpasar, 11/7 (Pinmas) - Duta kota Denpasar dan Kabupaten Badung mendominasi juara dalam "Utsawa Dharma Gita" (Lomba Pembacaan Ayat-Ayat Suci Agama Hindu) tingkat Propinsi Bali tahun 2006. "Piagam penghargaan dan hadiah kepada para juara akan diserahkan bersamaan dengan juara dalam berbagai perlombaan lainnya dalam memeriahkan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-28 pada acara penutupan 15 Juni mendatang," kata Kasubdis Kesenian Dinas Kebudayaan Propinsi Bali, Drs I Made Santa, di Denpasar, Selasa.

Ia mengatakan, dari tujuh jenis kegiatan yang diperlombaan selama tiga hari Utsawa Dharma Gita di sela-sela aktifitas PKB, utusan dari Kota Denpasar dan Kabupaten Badung meraih juara terbanyak dibanding tujuh kabupaten lainnya di Bali. Pembacaan sloka remaja pasangan putra juara I diraih Kota Denpasar berhak atas hadiah Rp 750.000, juara II Kabupaten Karangasem mendapat hadiah Rp600.000 dan juara III Kabupaten Jembrana meraih hadiah Rp500.000.

Sloka remaja pasangan putri, juara I, II dan III masing-masing Kabupaten Klungkung, Badung dan Denpasar. Palawakya dewasa pasangan putri juara I Kabupaten Karangasem, juara II Kabupaten Badung dan juara III Kota Denpasar. Kekawin Remaja Pasangan Putra juara I, II dan III masing-masing Kabupaten Tabanan, Buleleng dan Bangli. Kekawin Remaja Pasangan Putri juara I Kabupaten Buleleng, juara II karangasem dan juara III Kabupaten Jembrana.

Kekawin Dewasa pasangan putra juara I Kabupaten Badung, juara II Kabupaten Gianyar dan juara III Kabupaten Jembrana. Kekawin Pasangan Putri juara I, II dan III masing-masing Kabupaten Tabanan, Badung dan Jembrana. Selain itu juga dilombakan Kidung anak-anak campuran putra-putri, kidung dewasa campuran putra-putri, gaguritan anak-anak, cerdas cermat (Dharma Widya) anak-anak campuran putra putri dan Dharma Wacana (lomba pidato) putra-putri. "Kegiatan tersebut melibatkan 486 peserta utusan dari delapan kabupaten dan satu kota di Bali," ujar Made Santa.(Ant/Ims)

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua