Nasional

Demo Mahasiswa Tunjukkan Dinamika Di IAIN Raden Intan Lampung

Bandar Lampung, 13/12 (Pinmas) - Aksi demo mahasiswa yang silih berganti berlangsung di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Bandarlampung, antara lain dipicu kontroversi hasil pemilihan rektor, kebijakan pembantu rektor bidang kemahasiswaan, dan transparansi pengelolaan dana, dinilai masih dalam kewajaran. Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan (PR III) IAIN Raden Intan, Drs Muhammad Mukri MAg di Bandarlampung, Rabu, menilai aksi demo yang dilakukan sivitas akademika IAIN di Lampung itu menunjukkan dinamika di kampus yang terus berlangsung.

Padahal diantara aksi demo kelompok mahasiswa itu, termasuk terang-terangan menuntut pencopotan dan penindakan terhadap PR III yang dinilai oleh mahasiswa kurang mampu menyelesaikan permasalahan kemahasiswaan di institut tersebut. "Ya, termasuk aksi demo yang tertuju kepada saya, semuanya menunjukkan bahwa dinamika di IAIN Raden Intan ini tidak dibelenggu dan demokrasi tetap jalan," kata Mukri lagi. Namun dia mengingatkan, hendaknya aksi demo dengan mengusung berbagai aspirasi dan tuntutan itu tetap dapat dijalankan sesuai dengan etika kampus yang tidak anarkis, dan menghindarkan dari menampilkan kekerasan sehingga malah akan merusak citra IAIN sendiri.

Sejumlah aksi yang pernah dilakukan oleh sebagian dosen di IAIN Raden Intan itu adalah penolakan atas terpilihnya Prof Dr Musa Sueb MA sebagai Rektor, menggantikan Prof Noorchozin Syufri yang meninggal dunia beberapa waktu lalu. Pemilihan rektor itu dinilai tidak mampu menampung aspirasi dosen dan sivitas IAIN. Beberapa kelompok mahasiswa juga berdemo dengan mengusung sikap pro-kontra atas hasil pemilihan rektornya. Aksi demo juga terjadi dalam menyikapi kasus perselisihan antarmahasiswa di institut itu, termasuk pula aksi demo menuntut pertanggungjawaban pengelolaan keuangan dan dana bantuan Pemprov Lampung Demo mahasiswa IAIN Raden Intan yang terakhir, juga menuntut kepastian dan kejelasan status rektor mereka, sehingga tidak menimbulkan masalah berkaitan dengan legalitas dalam ijazah lulusan terbaru di IAIN tersebut.(Ant/Ims)

Tags:

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua