Nasional

Delegasi Amirul Hajj 1443 H Bertolak ke Arab Saudi

Delegasi Amirul Hajj 1443 H berfoto bersma jelang bertolak ke Arab Saudi

Delegasi Amirul Hajj 1443 H berfoto bersma jelang bertolak ke Arab Saudi

Tangerang (Kemenag) - - Delegasi Amirul Hajj 1443 H/2022 M hari ini bertolak ke Arab Saudi dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Delegasi Amirul Hajj berangkat dari Indonesia pukul 17.35 WIB menuju Jeddah mengunakan maskapai Garuda.

Naib Amirul Hajj sekaligus Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan, misi Amirul Hajj Indonesia selama di Arab Saudi untuk membantu pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama memastikan bahwa penyelengaraan ibadah haji 1443H dengan baik.

"Utamanya ada dua hal, pertama berkaitan dengan aspek ibadah dan aspek pelayanan teknisnya. Kami akan terus memantau dan memberikan binbingan kepada jemaah haji Indonesia serta memberikan informasi-informasi dan pemahaman kepada jemaah agar mereka bisa melaksanakan ibadahnya dengan baik sesuai syarat serta rukun ibadah haji dan mendapatkan pahala haji yang mabrur, " kata Zainut Tauhid Sa'adi jelang keberangkatan ke Arab Saudi, Kamis (30/6/2022) .

Kedua lanjut Wamen, delegasi Amirul Hajj akan melakukan monitoring dan evaluasi terkait masalah teknis penyelenggaraan ibadah haji diantaranya transportasi, akomodasi katering dan hal teknis lainnya.

"Harapan kami Kementerian Agama tentunya bersama stakholder terkait sudah melakukan persiapan-persiapan dengan maksimal dengan memberikan pelayanan yang baik kepada jemaah haji," ujar Wamen.

"Mudah-mudahan semua itu bisa berjalan dengan lancar dan aman serta jemaah haji Indonesia mendapatkan haji yang mabrur termasuk dukungan kepada petugas dalam melayani jemaah haji," sambungnya .

Ditambahkannya, para anggota delegasi akan terus mengingatkan dan mengimbau jemaah haji untuk senantiasa menjaga kesehatan terlebih karena kondisi cuaca di Arab Saudi di atas 40 derajat celsius.

"Jemaah harus selalu menjaga kesehatan jangan sampai ada jemaah yang dehidrasi saat menjalani ibadah haji," tandas Wamen.

Delegasi Amirul Hajj yang bertolak ke Arab Saudi diantaranya Muhammad Hilal Al Aidid dari Nahdlatul Ulama (Naib Amirul Hajj), Agus Taufiqurrahman dari Muhammadiyah (Naib Amirul Hajj), Arif Fachruddin dari MUI (Anggota), Aay Muhammad Furkon, Masyhuri khamis Ahmad Kasim dari Al Washliyah (Anggota), Faisol Nasar dari Al Irsyad (Anggota), Mohammad Mukri Wiryosumarto dari UIN Raden Inten Lampung (Anggota), Muhammad Khoirul Muttaqin dari Kementerian Koordinator PMK (Anggota) dan Oscar Primadi dari Kementerian Kesehatan (Anggota).


Editor: Dodo Murtado
Fotografer: Fadhlillah Hafizhan M

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua