Cek Revitalisasi KUA Jekan Raya, Kemenag: Sesuai Target

Palangkaraya (Kemenag) ---  Kementerian Agama di bawah kepemimpinan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah menggulirkan program Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA). Sebanyak 106 KUA direvitalisasi di tahun ini. 

Hampir setahun berjalan, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam sebagai pelaksana program pun melakukan visitasi ke sejumlah KUA, salah satunya di KUA Jekan Raya, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. 

"Kami ke sini, untuk memastikan secara langsung bahwa revitalisasi KUA berjalan dengan baik," ungkap Kasi Bina Kepenghuluan Wilayah I, Ditjen Bimas Islam, Insan Khoirul Qolbi, Jumat (3/12/2021). 

Setelah melihat secara langsung KUA Jekan Raya, Insan Khoirul Qolbi menilai revitalisasi yang dilakukan sesuai dengan target yang ditetapkan. "Sumber Daya Manusia (SDM) yang menguasai layanan berbasis elektronik sudah cukup, kelengkapan alat-alat seperti komputer, layar display, kursi tamu, printer sudah ada. Dan ini semua merupakan bantuan dari Ditjen Bimas Islam tahun anggaran 2021," ujar Insan. 

“Sesuai penjelasan Pak Kepala KUA, memang gedung ini butuh bantuan dana lagi untuk perluasan gedung, dan perbaikan sarana prasarana lainnya, agar layanan semakin baik dan nyaman. Kita akan sampaikan kepada pimpinan kebutuhan-kebutuhan yang diutarakan Pak Kepala KUA,” imbuhnya. 

Insan berharap, ke depan, KUA Jekan Raya juga bisa menjadi percontohan bagi KUA di wilayah Kalimantan Tengah. Ia menjelaskan, revitalisasi akan dilanjutkan pada 2022 yang menyasar 1.000 KUA hingga diharapkan tuntas seluruhnya pada 2024 mendatang. 

Mengamini harapan Insan,  Kepala KUA Jekan Raya Lukmanul Hakim mengungkapkan, saat ini sudah banyak KUA di wilayah Kalimantan Tengah yang melakukan kaji banding di lembaga yang dipimpinnya. 

“Beberapa KUA di sekitar Kalimantan Tengah, sudah datang kesini melihat kinerja dan layanan yang kita berikan kepada masyarakat," ungkap Lukmanul Hakim. 

Untuk itu, KUA yang juga menjadi piloting Pusaka Sakinah 2021 terus melakukan peningkatan layanan. "Sesuai arahan dari Kakanwil, kita harus terus memperbaiki layanan semaksimal mungkin. Ini juga sesuai arahan Bapak Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang menggalakkan program revitalisasi KUA," imbuhnya. 

Perbaikan yang dilakukan meliputi SDM, fisik, hingga sarana dan prasarana. "Gedung kita sudah layak sebagai percontohan, namun masih perlu perluasan, lahan kita juga masih luas kebelakang. Sekarang saja, kita lagi sedang renovasi. SDM pegawai juga memadai, layanan kami juga sudah berbasis digital, utamanya terkait pernikahan,” jelas Lukmanul Hakim.