Cantika MTsN 9 Bantul Juara Kickboxing Championship Tingkat Nasional

Bantul (Kemenag) --- Cantika Oktalianiz, siswa kelas VII E MTs Negeri 9 Bantul kembali mengharumkan nama madrasah di tingkat nasional.  Cantika, demikian sapaan akrabnya, meraih medali emas All Tatami Kickboxing Championship Tahun 2022. 

Ajang ini berlangsung di Gedung Widya Kartika Surabaya, 28 - 30 Januari 2022. Cantika berhasil menyabet Medali Emas Disiplin Kick Light Cadet Putri U 13-14 dengan Berat -50 Kg.

Prestasi ini merupakan emas kedua yang disumbangkan Cantika untuk MTsN 9 Bantul. Bulan Desember 2021, Cantika juga meraih medali emas dalam ajang Jakarta Open Kickboxing Amateur Tournament untuk kategori Fight Cadet Putri -50 Kg.

Gadis yang juga aktif dalam Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MTsN 9 Bantul ini mengidolakan Ronda Rousey, atlet wanita Ulimate Fighting Championship (UFC) dan pegulat kondang di World Wrestling Entertainment (WWE). Mulai menekuni kickboxing sejak 4 tahun lalu, Cantika mengaku ingin menjadi seperti Ronda Rousey.

“Saya ingin jadi atlet beladiri wanita profesional seperti Ronda Rousey, serta meraih prestasi nasional dan internasional,” tutur Cantika.

Untuk mengasah kemampuan kickboxingnya, Cantika rajin berlatih di Sekolah Beladiri Indonesia yang bertempat di Banguntapan, Bantul, asuhan Senpai Lafran Arse Jamaluddin. Cantika berlatih sekeras tekadnya untuk menjadi atlet professional. Ia berlatih setiap hari bersama atlet lain di Sekolah Beladiri Indonesia tersebut.

“Kami berlatih setiap hari dengan program yang sudah disusun oleh Senpai Lafran,” ungkap Cantika. 

“Latihan fisik, seperti agility (kelincahan), speed (kecepatan), dan accuracy (ketepatan) untuk mempersiapkan diri di disiplin masing-masing,” imbuhnya yang fokus di Disiplin Kick Light.

Lafran menyampaikan, Juara Umum pada kejuaraan ini adalah Hyper Haiken Kickboxing DKI Jakarta dengan perolehan medali: 6 emas, 4 perak, dan 6 perunggu. Sementara itu, Sekolah Beladiri Indonesia Bantul yang diasuhnya menjadi Runner Up dengan perolehan medali: 6 emas, 2 perak, dan 3 perunggu. Lafran memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh atlet binaannya, tak terkecuali kepada Cantika Oktalianiz.

Terpisah, Kepala MTsN 9 Bantul Nur Hasanah Rahmawati juga memberikan apresiasi atas prestasi Cantika. Nur Hasanah Rahmawati berkomitmen untuk terus memberikan dukungan kepada gadis yang menyukai seni beladiri tersebut. Meski belum dapat mewadahi minat dan bakat kickboxing Cantika dalam ekstrakulikuler, Atik, sapaan akrab Kepala MTsN 9 Bantul ini, akan terus menjembataninya melalui kerjasama dengan pihak ketiga, seperti Sekolah Beladiri Indonesia. Atik pun berharap, Cantika dapat meraih mimpi-mimpinya dan menempa dirinya di MTsN 9 Bantul.

“Teruslah menempa diri dan berjuang meraih mimpi,” tutur Atik. (and)


REKOMENDASI