Nasional

Buka MTQ Nasional XXIX, Wapres: Qur'an Harus Jadi Inspirasi Solusi Persoalan Bangsa

Wapres KH Ma'ruf Amin membuka MTQ Nasional XXIX di Banjarbaru, Kalsel

Wapres KH Ma'ruf Amin membuka MTQ Nasional XXIX di Banjarbaru, Kalsel

Banjarbaru (Kemenag) --- Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional XXIX Tahun 2022 di Astaka Utama Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (12/10/2022) malam.

Dalam sambutannya, Wapres menegaskan bahwa umat Islam harus mampu membangun nilai-nilai Al-Qur'an dan menjadikannya solusi dalam menghadapi berbagai persoalan bangsa.

"Al-Qur’an juga harus mampu menjadi inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi, dan keharmonisan, sekaligus solusi dari berbagai persoalan aktual umat dan bangsa," tegas Wapres.

Wapres berharap generasi muda Islam semakin memiliki pemahaman yang benar tentang isi dan kandungan Al-Qur’an sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

"Kepada generasi muda Islam harus ditanamkan pemahaman yang benar tentang bagaimana Islam memandang keragaman dalam masyarakat. Menekankan tujuan penciptaan manusia yang bersuku-suku dan berbangsa-bangsa untuk saling mengenal dan saling menghormati satu sama lain," harap Wapres.

Pada kesempatan yang sama, Wapres mengungkapkan bahwa setiap muslim harus menjadi pribadi unggul yang menguasai ilmu pengetahuan agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Setiap muslim harus menjadi pribadi unggul yang menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan, sehingga dapat memberikan kemasalahatan bagi masyarakat. Ilmu pengetahuan merupakan identitas generasi Qur’ani. Saya berharap generasi muda muslim mempunyai identitas tersebut," ungkap Wapres.

Lebih lanjut Wapres menyampaikan bahwa proses peningkatan pengetahuan tidak boleh berhenti, namun harus berkelanjutan agar selalu relevan dengan perkembangan zaman. Salah satunya, tambah Wapres, dengan _iqra_ (bacalah), yang memiliki makna agar setiap umat Islam menekankan kepada pemupukan ilmu pengetahuan secara terus-menerus yang bisa dipakai untuk mengoptimalkan peran sebagai khalifah di muka bumi.

"Generasi Qur’ani juga tidak hanya sekadar sanggup membaca Al-Qur’an, tetapi juga memahami kandungannya agar bisa mengimplementasikan dalam kehidupan keseharian. Inilah salah satu ciri dari SDM (Sumber Daya Manusia) unggul sesuai dengan nafas Al-Qur'an," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melaporkan terkait teknis penyelenggaraan MTQ Nasional ke-29 Tahun 2022. Menag mengapresiasi banyaknya qari dan penghafal Al-Qur'an Indonesia yang berprestasi di dunia internasional. Ia pun berharap MTQ dapat menjadi madrasah bagi generasi muda dalam mengenal dan mencintai Al-Qur'an.

"Tentu ini semua tidak hanya sebuah kebanggaan namun juga tantangan bagi pemerintah untuk memfasilitasi dalam mencintai dan mendalami Al-Qur'an," imbuh Yaqut.

Selain Menteri Agama serta Ibu Eny Retno Yaqut Cholil, hadir dalam acara ini Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor beserta Raudatul Sahbirin Noor, para Gubernur se-Indonesia, para tokoh agama dan tokoh masyarakat, baik yang hadir secara luring maupun daring.

Sementara Wapres didampingi oleh Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan Robikin Emhas, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma. (NN/RJP, BPMI - Setwapres)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Fadhlillah Hafizhan M

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua