Haji 2022

Bertolak ke Makkah, Jemaah: Pelayanan dan Fasilitas Madinah Memuaskan

Madinah (Kemenag) --- Jemaah haji Indonesia sore ini waktu Madinah mulai diberangkatkan menuju Makkah al-Mukarramah. Ada dua kloter yang diberangkatkan, masing-masing dari Embarkasi Solo (SOC 1) dan Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 1).

Salah seorang jemaah JKG 1, Ahmad Yani, mengaku bahagia bisa menyelesaikan rangkaian ibadah dan ziarah di Madinah. Dia merasa bangga dan puas atas fasilitas yang disediakan dan pelayanan yang diberikan para petugas haji Indonesia selama di Madinah.

"Alhamdulillah. Fasilitas sangat bagus sekali. Makan sesuai selera Indonesia. Hotel sangat dekat dengan masjid Nabawi. Hanya butuh waktu 10 menit sudah sampai di Masjid Nabawi. Enak, paling awal jika akan berjemaah shalat lima waktu dan Arbain. Terima kasih pemerintah Indonesia," terang Ahmad Yani, ditemui tim Media Center Haji, jelang akan berangkat ke Bir Ali untuk ambil Miqat untuk Umrah haji di Makkah, Minggu (12/6/2022).

Ia dan keluarga serta rombongan lainnya sudah bersiap diri untuk berangkat ke Makkah. Segala kebutuhan yang dibutuhkan selama di perjalanan menuju Makkah sudah disiapkan. Termasuk sudah pakai ihram di hotel. "Biar nanti sampai Bir Ali tinggal shalat sunah dua rakaat dan shalat sunah Umrah," katanya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Muhammad Rizky Ardiansyah, yang juga jemaah JKG 1. Ia sangat merasakan kenyamanan fasilitas haji yang disediakan oleh pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. "Utamanya hotelnya dekat dengan Masjid Nabawi. Enak mau beribadah," katanya.

Rizky, begitu ia karib disapa, juga mengakui soal makanan selama ada di Madinah. Menunya sesuai dengan lidah Indonesia. "Makannya sangat enak dan sesuai lidah jemaah semua. Alhamdulillah. Semoga di Makkah nanti juga demikian dan semua jemaah meraih haji mabrur," harapnya.

Ditanya soal fasilitas Bus Shalawat yang sudah siap dipakai antar jemput jemaah menuju Masjidil Haram, Rizky dan Ahmad Yani mengaku sudah mendapatkan sosialisasi dari petugas dan ketua rombongan di grup WhatsApp (WA). 

"Sudah tahu foto busnya. Kita sudah ingat nopol bus-nya juga. Bahkan kita sudah tahu nama hotel yang akan ditempati selama di Makkah. Alhamdulillah. Kita tenang menjalankan ibadah haji. Semoga mabrur. Salam sehat untuk keluarga yang ada di Indonesia. Saling doa dari Makkah dan Indonesia," katanya. (MCH 2022)