Bertemu Sekjen Kemenag, DKPN Siap Gelar Kembali MTQ KORPRI Ke VI

Jakarta (Kemenag)--- Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia Nasional (DPKN) akan kembali menggelar Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) KORPRI Ke VI Tahun 2022 pada tanggal 6 sampai dengan 13 November 2022 di kota Padang Provinsi Sumatera Barat.

Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar menyambut baik perhelatan MTQ bagi anggota Korpri yang digelar dua tahunan emnjadi salah satu syiar agama yang membawa banyak nilai positif di masyarakat ini.

“Karena ini merupakan salah satu  syiar agama, kita harus betul-betul mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang baik kesiapan pelaksanaan hingga publikasi oleh media cetak dan elektronik,” ujar Nizar saat menerima Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia Nasional (DPKN) di Jakarta Senin (22/08/2022).

Menurutnya, untuk suksesnya acara ini,  pemilihan dewan hakim perlu dilakukan dengan serius dan terukur sehingga output-nya nanti benar-benar sesuai dengan harapan semua pihak.

“Kita harus memilih hakim yang punya kredibilitas, punya integritas, tidak ada aspek subyektivitas meskipun nanti tidak bisa pungkiri bahwa peserta mungkin memiliki hubungan kekerabatan atau hubungan darah dengan para dewan hakim,” kata Nizar.

Kepala Biro Umum Setjen KOPRI Rudy Purnama Djaya dalam keterangannya menjelaskan bahwa kegiatan ini akan diikuti oleh 34 Provinsi dan 78 Kementerian Lembaga dengan berbagai cabang yang akan di lombakan yaitu

1. Cabang Tilawah Qur`an Putra Putri
2. Cabang Tartil Qur`an Putra Putri
3. Cabang Hifzil Al Qur`an Golongan Juz 30, Surah Al Baqarah, surah Ali Imran dan An Niza serta Hifzil golongan 7 surah pilihan Putra Putri
4. Cabang Dakwah Quran Putra Putri
5. Cabang khath Al Qur`an Golongan Dekorasi, Kontemporer dan Digital Putra Putri
6. Cabang lomba Khutbah Jumat untuk Putra
7. Cabang Lomba Do`a Putra Putri
8. Cabang Lomba Adzan untuk Putra
9. Cabang Lomba Penulisan Artikel Al Qur`an Putra putri

Pendaftaran peserta MTQ ini sudah dilakukan dengan digitalisasi agar dapat menampilkan hasil dengan cepat dan akurat.

“Terkait persiapan pelaksanaan, kami sudah melakukan beberapa tahapan diantaranya menerbitkan surat penetapan Sumatera Barat sebagai tuan rumah,   menerbitkan surat edaran tentang petunjuk teknis MTQ,” terang Rudy

“DPKN juga telah meminta bantuan kepada Mendagri dan juga Men PAN-RB berbentuk surat dukungan agar kiranya para menteri dan para gubernur dapat turut serta mensukseskan penyelenggaraan MTQ KORPRI di Kota Padang ini,” sambungnya.

Hadir mendampingi Sekjen, Direktur Penerangan Agama Islam Syamsul Bahri, Kepala Biro Kepegawaian Nurudin, Kepala Biro Humas Setjen KORPRI Sutanto Herujatmiko, Slamet dan Ramli Bidang MTQ KORPRI.