Nasional

Bertemu Prof Quraish, IAIN Takengon Bahas Rencana Pendirian Pusat Kajian Al-Quran

Tim penerjemah Al-Quran dalam Bahasa Gayo bersilaturahim ke Prof Quraish

Tim penerjemah Al-Quran dalam Bahasa Gayo bersilaturahim ke Prof Quraish

Jakarta (Kemenag) --- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Takengon mulai menindaklanjuti rencana pendirian Pusat Kajian Al-Qur'an dan Budaya Pancasila. Rencana ini sebelumnya didiskusikan bersama dengan Puslitbang Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi (LKKMO).

Sebagai tindaklanjut, tim IAIN Takengon bertemu dengan salah satu pakar Tafsir Al-Quran Indonesia, Prof. Dr. M Quraish Shihab di kediamannya. Kepada Prof Quraish, Rektor IAIN Takengon Zulkarnain menyampaikan rencana pendirian Pusat Kajian Al-Qur'an dan Budaya Pancasila di IAIN Takengon.

"Saya sangat mendukung itu. Oleh karena itu, saya berharap pertemuan ini yang pertama, dan jangan menjadi yang terakhir. Saya siap kalau kita bertemu lewat zoom, saya dan PSQ siap membantu," ungkap Prof Quraish di Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Hadir juga dalam pertemuan itu, Pj. Bupati Bener Meriah Haily Yoga dan tim penerjemah Al-Qur'an ke dalam Bahasa Gayo. Kehadiran Pj Bupati Bener Neriah sekaligus sebagai bentuk dukungan penuh atas rencana pendirian Pusat Kajian Al-Qur'an dan Budaya Pancasila di IAIN Takengon.

Selain mendiskusikan hal itu, Tim IAIN Takengon juga membincang rencana validasi hasil terjemah Al-Qur'an dalam Bahasa Gayo. Menurut Zulkarnain, setelah proses penerjemahan selesai, tahap berikutnya adalah validasi.

Menurut Zulkarnain, akan dibentuk tim validasi yang rencananya bekerja dalam rentang empat bulan untuk menyelesaikan prosesnya. Hasil validasi akan diserahkan ke Lajnah Pentashih Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) untuk pengisian ayat-ayat Al-Qur'an.

Prof. Quraish mengapresiasi Kementerian Agama yang telah memprogramkan Penerjemahan Al-Qur'an ke dalam bahasa daerah. "Semoga ini terus berlanjut," harapnya.

Menurut Prof Quraish, Al-Qur'an sangat kaya maknanya. Upaya penggalian makna itu harus betul-betul diseriusi, salah satu caranya menggali makna dengan menggunakan bahasa daerah.

Hasil terjemah Al-Qur'an dalam Bahasa Gayo telah diserahkan oleh tim penerjemah kepada Puslitbang LKKMO Kemenag pada 5 Desember 2022.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua