Nasional

Berangkat dari Empat Embarkasi, Hari Ini 2.366 Jemaah Bertolak ke Saudi

Sesditjen PHU Ahmad Abdullah

Sesditjen PHU Ahmad Abdullah

Jakarta (Kemenag) --- Memasuki hari ke-5 operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443 H/2022 M, gelombang keberangkatan jemaah haji terus berlangsung di sejumlah embarkasi di Indonesia.

Hari ini sebanyak 2.366 jemaah haji dan petugas PPIH yang terbagi dalam 6 Kloter diberangkatkan
dari 4 embarkasi. Sekretaris Ditjen PHU Ahmad Abdullah mengatakan jemaah yang berangkat hari ini antara lain dua kloter (803 jemaah) dari embarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG), dua kloter (720 jemaah) dari Embarkasi Solo (SOC); serta masing-masing satu kloter dari Embarkasi Surabaya atau SUB (450 orang) dan Padang atau PDG (393 jemaah).

"Total jemaah yang telah diberangkatkan ke tanah suci sebanyak 11.592 orang," kata Ahmad Abdullah dalam konferensi pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (9/6/2022).

"Hari ini pemerintah juga memberangkatkan 424 petugas haji yang akan bertugas melayani Jemaah di Daerah Kerja Makkah sekitar 64 hari," sambungnya.

Ia menambahkan jemaah Haji Indonesia yang masuk dalam gelombang satu seluruhnya mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. "Setelah sembilan hari menjalani berbagai rangkaian ibadah dan ziarah di Madinah, jemaah selanjutnya diberangkatkan menuju Makkah untuk melaksanakan umrah wajib dan berbagai ibadah lainnya sampai dengan selesainya seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah haji," tandas Ahmad Abdullah.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Rikie Andriyawan

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua