Internasional

Asrama SBSN MTsN Batu dan Lahirnya para Juara Riset Internasional

Batu (Kemenag) --- Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Batu terus mengukir prestasi. Dari madrasah ini, lahir para juara riset, tidak hanya pada level nasional, tapi juga internasional.

Kepala MTsN Batu, Buasim, mengatakan, prestasi riset siswa MTsN Batu dimulai pada 2018. Siswa MTsN Baru meraih juara Harapan 2 Riset bidang IPA Se Propinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Prestasi ini disusul dengan tiga capaian lainnya di tahun yang sama, yaitu: medali perunggu bidang riset pada kegiatan OPSI atau Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia, medali perunggu bidang riset pada kegiatan MYRES atau Madrasah Young Reasecher Super Camp, dan medali emas bidang riset pada kegiatan IYIA atau Internasional Young Inventor Awards.

“Prestasi di bidang riset ini berlanjut di tahun 2019. Ada tiga kejuaraan yang diraih, yaitu medali emas bidang riset pada kegiatan IYSA (Indonesian Young Scientist Association, medali emas bidang riset pada kegiatan I3F (Indonesia International Invention Festifal, dan Finalis MYRES,” terang Buasim di Batu, Jumat (01/01).

“Prestasi ini memuncak pada 2020 dengan meraih medali perak bidang riset pada kegiatan NISEF atau National Innovation Scieence Enterpreneur Fair dan medali perak bidang riset pada kegiatan AISEF atau ASEAN Innovation Scieence Enterpreneur Fair,” sambungnya.

Menurut Buasim, prestasi di bidang riset ini tidak terlepas dari proses pendampingan yang ditunjang dengan keberadaan asrama SBSN. ”Di Asrama, siswa lebih mendapatkan kesempatan untuk belajar tentang nilai-nilai Islam, etika, kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab, komitmen, ketangguhan, dan kepedulian terhadap orang lain,” ujarnya.

“Kegiatan di asrama di kemas sedemikian rupa sehingga mendukung bagi peningkatan prestasi siswa,” sambungnya.

Buasim menjelaskan, MTsN Batu mulai beroperasi sejak 2005 sebagai MTs Persiapan Negeri. Baru pada 2009, berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 48 Tahun 2009, madrasah ini beralih status menjadi MTsN Batu.

Saat itu, madrasah beroperasi dengan sarana dan prasarana yang sederhana. Kebutuhan fasilitas dilengkapi secara bertahap, atas kerja sama masyarakat dan bantuan Kemenag. Tahun 2017 MTsN Batu memperoleh hibah lahan seluas 6.500 m2 dari Pemerintah Kota Batu. Ini menjadi asset dalam perluasan sarana pendidikan.

Tahun 2019, MTsN Batu mendapat bantuan gedung asrama terpadu melalui skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). MTsN Batu terus berbenah mewujudkan visi terwujudnya madrasah berkualitas di bidang IMTAQ dan IPTEK serta berwawasan lingkungan.

Keberadaan asrama SBSN dan raihan sejumlah prestasi ini menambah kepercayaan dan animo masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya di MTsN Batu. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2020 - 2021 mengalami peningkatan signifikan dalam jumlah pendaftaran siswa.

Selain di bidang penelitian, berikut prestasi yang diraih siswa MTsN Batu:
1. Meraih medali perak bidang matematika pada kegiatan KSM (Kompetisi Sains Madrasa) tingkat Nasional di Manado, tahun 2019
2. Juara 1 Olimpiade se Jawa Bali, tahun 2020
3. Juara 2 Olimpiade se Jawa Bali, tahun 2020
4. Juara 1, 2 dan 5 bidang IPS pada kegiatan KSMO (Kompetisi Sains Madrasah Online) tingkat Jawa Timur, tahun 2020
5. Juara 1 Lomba membuat cerpen Tingkat Kota Batu, tahun 2020
6. Juara 1 SMP sabuk coklat KUMITE perorangan +50kg putra (MENPORA CUP TINGKAT NASIONAL) tahun 2019
7. Juara 2 Pemula KUMITE +50 kg Putra (Kejuaraan Nasional Karate Lampung Open) tahun 2019
8. Juara 2 KUMITE -55Kg putra dalam Kejuaraan Piala Dandim 0818 karate pelajar tingkat JAWA-BALI tahun 2020
9. Juara 3 KATA beregu kelas umum SMP putra dalam Kejuaraan Nasional Karate "Akademi Militer Open Championship" tahun 2020
10. Juara 1 kelas KATA beregu Kadet Putra (UNJ Cup Ix Virtual Open & Festival Nasional Karate) tahun 2020
11. Juara 2 KATA sabuk coklat tingkat SMP putra (KEJUARAAN KARATE VIRTUAL NASIONAL MGMP PJOK CUP 3) tahun 2020

Buasim berharap, selain asrama, MTsN Batu bisa mendapatkan bantuan sarana presarana lainnya yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan siswa. Dia berharap madrasahnya bisa mendapatkan kembali bantuan sarana melalui Proyek Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) di tahun anggaran 2022.

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua