Pers Rilis

Asrama Haji Donohudan Siap Layani 15.305 Jemaah

Stafsus Menag Wibowo Prasetyo tinjau kesiapan asrama haji Donohudan layani jemaah

Stafsus Menag Wibowo Prasetyo tinjau kesiapan asrama haji Donohudan layani jemaah

Solo (Kemenag) --- Satu lagi asrama haji yang dipastikan siap melayani jemaah haji Indonesia 1443 H/2022 M. Selain Pondok Gede, Asrama Haji Donohudan, Boyolali, juga siap menjadi tempat pemberangkatan jemaah haji asal Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Kepastian ini ditegaskan Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo usai meninjau Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Turut mendampingi Kakanwil Kemenag Jateng Musta'in Ahmad, Kabid Haji Kemenag Jateng Ahyani, dan Kepala Kankemenag Boyolali dan Solo. “Saya sudah tinjau dan cek sejumlah sarana prasarana layanan, Asrama Haji Donohudan siap melayani jemaah haji 1443 H/2022 M,” terang Wibowo di sela kegiatan, Kamis (19/5/2022).

“Asrama Haji Donohudan akan melayani jemaah asal Jawa Tengah dan Yogyakarta. Secara umum sudah siap menerima jemaah calon haji. Beberapa sarana prasarana sudah dan sedang diperbaiki agar jemaah semakin nyaman dan aman,” sambungnya.

Sejumlah sarana prasarana asrama haji, lanjut Wibowo, sudah tertata rapih. Misalnya, tempat tidur jemaah dengan sprei yang bersih, setiap lantai gedung ada musalla dan tempat makan yang representatif, gedung aula yang akan menjadi titik kumpul hingga sarana manasik. Kamar mandi dan wastafel untuk cuci tangan jemaah juga sudah dibersihkan. Air bersih mengalir setiap saat, dapur dan pantry juga siap digunakan. Poliklinik dengan tenaga kesehatan siap beroperasi.

“Semua sudah memenuhi standar layanan,” ujarnya.

“Proses sterilisasi juga sudah dilakukan. Bahkan menjelang jemaah masuk asrama akan sekali lagi dilakukan sterilisasi atau disemprot disinfektan. Asrama Haji Donohudan juga akan menyiapkan sabun cuci tangan di setiap wastafel, menyediakan hand sanitizer, serta tempat pembuangan sampah,” lanjutnya.

Asrama Haji Donohudan akan melayani 15.305 orang, terdiri atas 13.868 jemaah asal provinsi Jawa Tengah dan 1.437 jemaah asal DI Yogyakarta. Mereka terbagi dalam 44 kelompok terbang (kloter). Kloter pertama masuk asrama haji pada 3 Juni 2022 dan terbang ke Tanah Suci sehari kemudian.


Editor: Moh Khoeron

Pers Rilis Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua